Live Streaming
Page 1 of 16

sumber : cnnindonesia.com

Jakarta, CNN Indonesia -- Sistem operasi Android baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-10 pada Minggu (23/9). Dalam perjalanannya, Google sudah merilis pembaruan besar untuk Android sebanyak sembilan kali, ditambah dengan sejumlah pembaruan minor terhadap sistemnya.

Dilansir dari Android Authority, berikut adalah perjalanan panjang 16 versi Android yang telah dirilis selama 10 tahun belakangan.



1. Android 1.0


Sistem operasi Android komersial generasi pertama dirilis kepada publik pada 23 September 2008. Ponsel HTC Dream atau dikenal juga sebagai T-Mobile G1 menjadi ponsel pertama yang mendukung Android. 

Saat pertama kali dipasarkan, ponsel ini dibanderol US$179 fitur utama grafis yang bisa dikostumisasi dan terintegrasi dengan layanan Google seperti Gmail. HTC Dream juga dibekali dengan Android Market, yang kini dikenal dengan nama Google Play.

 

Napak Tilas Satu Dekade AndroidDave Burke, vice president of engineering, Android saat menjadi pembicara di konferensi tahunan Google I/O 2017 silam. (Foto: REUTERS/Stephen Lam)

2. Android 1.1


Hampir lima bulan setelah peluncuran pertamanya, Android mengalami pembaruan minor yang dirilis pada 9 Februari 2009. Pada versi ini, Android mengatasi sejumlah bug dan menambahkan sejumlah fitur seperti kemampuan untuk menyimpan lampiran dari aplikasi pesan.

Pembaruan ini tidak memiliki kode nama yang diumumkan kepada khalayak, tetapi dikabarkan disebut sebagai "Petit Four" di kalangan internal. Nama tersebut berasal dari bahasa Perancis yang berarti oven kecil, dan dipakai untuk menyebut kue-kue kecil yang biasa dikonsumsi sebelum atau setalah makan.

 



3. Android 1.5 "Cupcake"


Tak lama setelah Android 1.1, Android 1.5 dengan kode nama "Cupcake" diluncurkan pada 27 April 2009. Android 1.5 merupakan pertama kalinya pembaruan sistem operasi ini diumumkan dengan kode nama makanan pencuci mulut.

Versi ini meliputi sejumlah perubahan besar terkait fitur-fitur dan antarmuka, antara lain kemampuan untuk mengunggah video ke YouTube, menggunakan keyboard pihak ketiga (third-party), dan opsi untuk mengaktifkan perputaran layar (screen rotation) secara otomatis.

 


4. Android 1.6 "Donut"


Versi ini diluncurkan pada 15 September 2009. Salah satu pembaruan besar yang diusung oleh Android Donut adalah sistem ini dapat digunakan oleh operator yang memakai layanan jaringan berbasis CDMA. Dengan demikian, ponsel Android dapat dijual oleh semua operator di seluruh dunia.

Salah satu ponsel yang dibekali dengan Android Donut saat penjualannya adalah Dell Streak yang ketika itu dikategorikan sebagai ponsel yang sangat besar, dengan layar berukuran 5 inci. Di zaman sekarang, 5 inci merupakan ukuran layar yang normal untuk ponsel pintar.

 

 


5. Android 2.0-2.1 "Eclair"


Hanya sebulan setelah pembaruan sebelumnya, sistem Android kembali diperbarui, kali ini dengan kode nama "Eclair." Versi Android ini  yang pertama kali dapat mendukung Bluetooth 2.1, fitur text-to-speech, serta memperkenalkan live wallpapers, mendukung sejumlah akun Google dalam satu perangkat, dan navigasi Google Maps.

Pada 3 Desember 2009 dan 12 Januari 2010, terdapat perubahan API minor dan penanganan terhadap sejumlah bug, yang merupakan pembaruan Android menjadi versi 2.0.1 dan versi 2.1. Namun, kedua versi tersebut masih menggunakan kode nama Eclair.

 

6. Android 2.2 "Froyo"


Diluncurkan pada 20 Mei 2010, Android 2.2 dirilis dengan nama "Froyo" yang merupakan singkatan dari frozen yogurt. Versi ini dibekali dengan antara lain fungsi Wi-Fi mobile hotspot, push notifikasi, Adobe Flash, dan mendukung instalasi aplikasi ke memori eksternal.

Ponsel besutan Google, Nexus One yang diluncurkan pada awal tahun 2010 tadinya menggunakan sistem operasi Android 2.1, tetapi segera menerima pembaruan sistem pascapeluncuran Android Froyo. Ini merupakan kerja sama antara Google dan perakit ponsel HTC untuk memproduksi ponsel-ponsel murni Android.



7. Android 2.3 "Gingerbread"


Android Gingerbread diluncurkan pada 6 Desember 2010, dan saat ini merupakan versi Android tertua yang saat ini masih termasuk dalam laman daftar pembaruan bulanan Google.

Versi ini mengalami pembaruan antarmuka pengguna dan mendukung penggunaan Near Field Comunication (NFC) pada perangkat-perangkat yang memungkinkan fitur tersebut. Ponsel pertama yang menggunakan Android Gingerbread sekaligus NFC adalah Nexus S yang merupakan hasil kolaborasi antara Google dan Samsung.

 

8. Android 3.0

Pembaruan yang dirilis pada 22 Februari 2011 ini merupakan sebuah versi yang dianggap tidak lazim, karena hanya tersedia pada perangkat tablet atau ponsel yang memiliki layar berukuran sangat besar.

Tujuan dari versi ini adalah Android Honeycomb dapat menawarkan fitur-fitur spesifik yang tidak dapat diakses pada perangkat dengan layar kecil, seperti bar notifikasi yang terletak di bagian bawah layar tablet. Android Honeycomb juga dianggap sebagai respons Google terhadap perilisan iPad milik Apple pada 2010.

 


9. Android 4.0 "Ice Cream Sandwich"


Di tahun yang sama, tepatnya pada 19 Oktober 2011 Google meluncurkan Android Ice Cream Sandwich yang mengombinasikan banyak fitur dari versi Honeycomb khusus tablet dan Gingerbread yang lebih mengarah kepada ponsel.


Pembaruan ini memperkenalkan sejumlah fitur baru kepada pengguna, salah satu di antaranya adalah kemampuan untuk membuka kunci ponsel dengan menggunakan kamera untuk menangkap wajah pemilik perangkat tersebut. Ini merupakan asal muasal dari teknologi pembuka kunci perangkat secara biometrik.



10. Android 4.1-4.3 "Jelly Bean"


Pada konferensi tahunan Google I/O 2012, Android versi 41. dengan kode nama Jelly Bean diperkenalkan kepada khalayak. Dalam rentang waktu satu tahun, Google juga merilis versi 4.2 dan 4.3 yang masih berada di bawah Jelly Bean.

Tujuan utama dari versi ini adalah untuk meningkatkan fungsi dan performa antarmuka pengguna. Salah satu pembaruan pada Android Jelly Bean adalah "Project Butter" yang mempercepat animasi dan meningkatkan level respons sentuhan pada Android.

 


11. Android 4.4 "KitKat"


Berkat peran Director of Android Global Partnerships Google, John Lagerling, Android versi 4.4 menjadi versi pertama yang memiliki kode nama yang sudah menjadi merek dagang sebuah produk. Sebagai bagian dari kerja sama, Nestle juga memproduksi cokelat KitKat yang berbentuk seperti maskot Android.

Android KitKat merupakan versi pertama yang dapat beroperasi pada ponsel yang memiliki RAM sekecil 512MB. Hal ini memungkinkan para perusahaan pembuat ponsel untuk menginstalasi Android versi baru pada perangkat-perangkat yang dibanderol murah.

 

12. Android 5.0-5.1 "Lollipop"


Setelah disebut-sebut sebagai "Android L" pada gelaran Google I/O 2014, pada 12 November 2014 Android Lollipop mulai tersedia untuk pengguna. Sebelumnya, versi ini disebut dengan kode nama Lemon Meringue Pie di kalangan internal.

Pada 9 Maret 2015, Google kembali memperbarui Android menjadi versi 5.1, masih dengan kode nama Lollipop. Versi ini mulai mendukung dual-SIM dan proteksi perangkat untuk mengamankan dari tangan pencuri, bahkan setelah perangkat di-reset.

 


13. Android 6.0 "Marshmallow"


Mirip seperti Lollipop, versi ini juga sudah mulai diperkenalkan dalam acara Google I/O 2015 dengan nama "Android M." Sebelum dirilis dengan kode nama Marshmallow, ia disebut sebagai Macademia Nut Cookie di kalangan internal Google.

Android Marshmallow mengusung sejumlah fitur, di antaranya mendukung USB tipe C, memperkenalkan mode Doze yang berfungsi untuk menghemat daya, dan mendukung mode display 4K untuk aplikasi.

 


14. Android 7.0-7.1 "Nougat"


Versi ini juga memiliki kode nama internal yang berbeda dengan kode nama yang akhirnya dirilis kepada publik, yakni New York Cheese Cake. Ia dirilis sebagai preview untuk para pengembang aplikasi pada 9 Maret 2016, dan diluncurkan untuk publik pada 22 Agustus 2016.

Bersamaan dengan itu, Google juga meluncurkan produk ponsel baru pada level premium, yakni Pixel dan Pixel XL. Kedua ponsel tersebut dan LG V20 merupakan perangkat-perangkat pertama yang mengusung Android Nougat.

 

 

15. Android 8.0-8.1 "Oreo"


Android Oreo mengusung "Project Treble" yang disebut-sebut sebagai perubahan terbesar pada dasar Android hingga saat ini. Ia merupakan arsitektur modular yang memungkinkan para pembuat perangkat untuk menyalurkan pembaruan Android dengan lebih mudah dan cepat.

Versi 8.0 ini dirilis pada 21 Agustus 2017, kemudian versi 8.1 menyusul pada 5 Desember 2017. Ketika Android Oreo dirilis, Google memamerkan maskotnya dalam sebuah acara jumpa pers di New York sebagai sebuah robot pahlawan super berbadan Oreo.

 

 

16. Android 9.0 "Pie"


"Pie" merupakan versi Android terbaru yang dirilis kepada publik pada 6 Agustus lalu. Salah satu perubahan terbesar pada versi ini adalah penggantian tombol-tombol navigasi tradisional menjadi satu tombol di bagian tengah bawah layar.

Android Pie juga memiliki sejumlah fitur baru yang berfungsi untuk menghemat daya ponsel, salah satunya mesin yang memprediksi aplikasi mana saja yang bakal digunakan oleh pengguna sekarang, dan aplikasi mana saja yang tak akan digunakan dalam waktu dekat.

24 September 2018

sumber : cnnindonesia.com

Rama Shinta -  Warganet mencuitkan soal kesejahteraan petani di tengah persoalan impor beras pada Hari Tani Nasional pada 24 September. Hari Tani Nasional menjadi salah satu topik yang diperbincangkan di Twitter dengan #HariTaniNasional.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan dan Badan Urusan Logistik (Bulog) berbeda pendapat soal impor beras. Kementerian menilai impor beras dilakukan terkait dengan kebutuhan domestik, sementara Bulog bersikeras impor tak perlu karena stok beras cukup.

Rio Surya Pratama yang memiliki akun @shure_ea menyatakan nasib kesejahteraan petani harus diperhatikan. Warganet lainnya juga mengkritik soal impor beras yang masih dilakukan hingga persoalan alih fungsi lahan.


View image on Twitter
Rio Surya Pratama@shure_ea
 
 

Selamat dan semoga nasib para Petani Indonesia lebih diperhatikan lagi. Beli gabah2 mereka dg harga yg pantas. Kaji kembali rantai distribusinya. Stop impor disaat panen raya dan stok melimpah.

 

Monster Timeline@hurufusang
 
 

Selamat hari buku tapi tak membaca. Selamat hari bumi tapi tak menanam.
Selamat tapi beras masih impor.
Selamat hari apa tapi tak melakukan apa-apa.

Apa masih selamat?

Jaringan Advokasi Tambang
 
@jatamnas
 
 

Refleksi itu mesti mulai dari persoalan paling mendasar: Tanah sebagai sumber pangan Indonesia.

Pangan (seperti Padi) tidak bisa tumbuh berdampingan dg batubara dan perkebunan sawit.

JATAM Kaltim@jatamkaltim
 

Konsesi batubara mencakup 19% dr wilayah cocok tanam padi yg ada serta 23% dr lahan yg dpt dipertuntukkan bagi penanaman padi baru. Sebanyak 15% dr tanah yg dialokasikan utk kelapa sawit jg terancam dibongkar & ditambang utk batubara. http://www.jatam.org/2017/05/05/hungry-coal-pertambangan-batu-bara-dan-dampaknya-terhadap-ketahanan-pangan-indonesia/ #HariTaniNasional.

 

 



Akun lainnya juga menuturkan petani adalah profesi yang harus dimuliakan.

Fatamorgana@abdul_khadier
 
 

Kmi bkan menginginkan hidup mewah dan WAH.
Kami tak btuh kalimat pujian "MULIAKAN PETANI"
Yg kmi inginkan hnya Pemerintah memperhatikan kami, di saat panen raya, harga panen kami sesuai dgn jerih payah yg kami lakukan berbulan2 lamanya.

 

J. Herry@JH_talk_2_U
 
 

Sekedar mengingatkan hari ini , namun ketika produksi petani banyak, Impor gula, impor beras masih terus berlanjut.
Begitukah cara mengangkat harkat petani ? Begitukah cara mensejahterakan petani

 

 

TR@Taufik_Rahman
 
 

buat para petani , jangan jual tanah dan sawah nya, saya masih doyan nasi . .

 

 

Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) mencatat konflik tanah masih terus meningkat. KPA mencatat ada 659 konflik agraria sepanjang 2017. Angka itu meningkat jika dibandingkan 2016 yang mencapai 450 konflik.

Konflik sepanjang 2017 terjadi di lahan seluas 520.491 hektare dan menyebabkan sedikitnya 652.738 kepala keluarga terdampak.

Sektor perkebunan masih menjadi penyumbang utama konflik agraria di Indonesia dengan 208 konflik atau 32 persen. Jenis perkebunannya mulai dari perkebunan eks kolonial Belanda hingga perkebunan modern.
24 September 2018

sumber : cnnindonesia.com

Rama Shinta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sejumlah kota di Indonesia akan mengalami fenomena hari tanpa bayangan atau kulminasi pada pertengahan September hingga akhir Oktober mendatang.

Posisi Indonesia yang berada di sekitar ekuator membuat kulminasi di beberapa wilayah terjadi hingga dua kali dalam setahun. BMKG mencatat fenomena hari tanpa bayangan terjadi mulai dari 10 September di Banda Aceh dan berakhir pada 20 Oktober di Kupang.

September-Oktober Sejumlah Kota akan 'Kehilangan' BayanganInfografis. (CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi)

 


Mengenal Kulminasi


Kulminasi atau transit atau istiwa merupakan fenomena ketika matahari berada tepat di posisi paling tinggi di langit. Saat deklinasi matahari sama dengan lintang pengamat, fenomen ini dinamakan kulminasi utama.

Pada saat itu, matahari akan berada tepat di atas kepala pengamat atau di titik zeniat.


Saat terjadi kulimnasi, bayangan benda tegak akan terlihat 'menghilang' karena bertumpu dengan benda itu sendiri. Hal inilah yang menjadikan fenomena kulminasi dikenal juga dengan sebutan hari tanpa bayangan.

Fenomena hari tanpa bayangan terjadi lantaran pada tahun ini, matahari akan berada di khatulistiwa pada 20 Maret 2018 pukul 23.15 WIB dan 23 September 2018 pukul 08.54 WIB. Sementara pada 21 Juni 2018 pukul 17.07 WIB, matahari berada di titik balik utara dan titik balik selatan pada 22 Desember 2018 pukul 05.23 WIB.

Kulminasi utama di Indonesia akan terjadi hingga dua kali dalam setahun, yakni saat posisi matahari berada tidak jauh ketika berada di khatulistiwa.

sumber : tribunnews.com

Rama Shinta  - Hasil akhir atau skor akhir Timnas U-16 Indonesia vs Iran dalam perundingan perdana Piala AFC U-16 2018 Jumat (21/9/2018) di Indonesia berhasil menang 2-0 pada laga perdana Grup C ini.

Adalah si kembar Bagus Kahfi dan Bagas Kahfa yang membawa Timnas U-16 Indonesia menang 2-0 atas Iran  dalam pertandingan yang digelar di Malaysia ini.

Pelatih Timnas U-16 Indonesia menurunkan skuat terbaiknya sejak menit awal.

Bagus Kahfi di lini depan jadi andalan, ditemani Amanar Abdillah, Muhamad Supriadi di sisi penyerang sayap.

Di lini belakang, kiper Ernando Ari dikawal kuartet bek Komang Teguh Trisnada, Fadillah Nur Rahman, Mochamad Yudha Ferbian, Amiruddin Bagas Kahfi Arrizqi.

 

Permainan cepat langsung ditunjukkan skuat Garuda muda dan penuh percaya diri.

Serangan yang membuat Iran tampaknya kaget dan tak siap dengan kecepatan pemain-pemain Indonesia.

Benar saja, lewat serangan cepat dari sisi kiri, Supriadi bisa menggiring bola ke area kotak penalti.

Umpam tariknya langsung disambut dan diselesaikan dengan sempurna oleh Bagus Kahfi lewat sontekannya.

Skor pun jadi 1-0 untuk Indonesia di menit 4.

Peluang pertama yang langsung berbuah gol.

Setelah itu, Iran mulai mencoba membangun serangan.

Tapi kuartet bek Indonesia dan kiper Ernando tampil sigap dan sulit ditembus.

Lini tengah yang diisi David Maulana, Brylian Aldama, Andre Oktaviansyah pun tampil kokoh menyeimbangkan tim.

Serangan Timnas U-16 Iran sering patah di tengah jalan.

Sebaliknya serangan Timnas U-16 Indonesia dengan kecepatan para pemainnya kerap membuahkan peluang matang.

Bagas tercatat punya dua peluang matang lewat tendangan kerasnya di menit 10 dan 24.

Di menit 37, lewat serangan balik cepat yang jadi andalan Indonesia.

Supriadi nyaris bisa menyongsong bola andai kiper Iran Amirhossein Nikpour tak keluar dari sarangnya.

 

 

* Babak kedua

Di babak kedua, Iran coba langsung tampil agresif.

Tapi penampilan lini tengah dan belakang Indonesia tampil cukup brilian untuk bisa membendung serangan Iran.

Timnas U-16 Indonesia sendiri terus konsisten untuk bermain cepat.

Peluang justru terus didapatkan Indonesia.

Seperti Bagus, yang benar-benar menyulitkan pertahanan Iran.

Di menit 51, Bagus punya peluang matang. Setelah melewati satu pemain, Bagus berhadapan satu lawan satu dengan kiper Iran.

Sayang tendangan datarnya mengenai kaki kiper Iran Amirhossein Nikpour.

Kerja keras Garuda Muda dibayar mahal. Brylian Aldama harus ditarik keluar karena cidera saat menghalau serangan Iran di menit 64.

Bagus benar-benar jadi pemain yang merepotkan lini belakang Iran.

Jelang akhir pertandingan, Bagus punya peluang matang. Sayang Bagus yang sudah bisa melewati kiper tak bisa menendang dengan sempurna.

Dan di menit 90, kembaran Bagus, Bagas yang giliran mencetak gol.

Lewat aksi individu, Bagas melewati sejumlah pemain Iran dan menceploskan gol dan membawa Indonesia menang 2-0.

pssi__fai
instagram.com/pssi__fai

 

Susunan Pemain:

Timnas U-16 Indonesia : Ernando Ari; Komang Teguh Trisnada, Fadillah Nur Rahman, Mochamad Yudha Ferbian, Amiruddin Bagas Kahfi Arrizqi; David Maulana, Brylian Aldama, Andre Oktaviansyah; Amanar Abdillah, Muhamad Supriadi, Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri

Pelatih: Fakhri Husaini

pssi__fai
instagram.com/pssi__fai

Timnas U-16 Iran : Amirhossein Nikpour;  Amirhossein Azizi, Mohammad Amin Hazbavi, Pouria Teymori, Abolfazl Alizadeh; Amir Shabani, Alireza Bavieh, Mohammad Reza Shakibkhoo, Mahdi Seyedi, Yasin Salmani; Amir Jafari

Pelatih: Abbas Chamanian

24 September 2018

sumber : liputan6.com

Rama Shinta - Berdasarkan Laporan Indeks Pembangunan Pemuda tahun 2017 yang diluncurkan oleh Bappenas, Kemenko PMK dan Kemenpora, terdapat lima domain untuk menilai pembangunan pemuda, yaitu: pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan, lapangan dan kesempatan kerja, partisipasi dan kepemimpinan, serta gender dan diskriminasi.

Tahun ini, Yogyakarta memimpin IPP dengan nilai tertinggi dari 34 provinsi di Indonesia, dimana salah satu prestasi Yogyakarta adalah pencapaian domain kesehatan.

Pelibatan pemuda dalam pembangunan kesehatan menjadi prioritas yang saat ini tengah digencarkan oleh pemerintah.

Terlebih lagi, dengan komitmen pemerintah untuk mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di tahun 2030, pemuda tidak lagi menjadi objek pembangunan tetapi mereka adalah pelaku dari pembangunan. Hal ini yang diyakini oleh Diah Saminarsih, Advisor Gender and Youth in the Office of WHO Director General, yang pekan lalu hadir sebagai pembicara dalam Ruang&Tempo pada hari Kamis lalu dengan tema ‘Youth Engagement in Health’.

 

“Jika beberapa tahun yang lalu, organisasi internasional seperti WHO banyak menyalurkan bantuan ke negara-negara berkembang, termasuk Indonesia karena pada saat ini negara berkembang menghadapi tantangan kesehatan yang beragam, dan memiliki keterbatasan sumber daya. Saat ini, organisasi justru banyak perwakilan negara masing-masing untuk memahami seberapa jauh solusi yang dahulu sudah disampaikan itu menciptakan dampak. Yang tadi saya jelaskan itu sebenarnya cuma ‘konten’, untuk menjalankan konten tersebut kan kita butuh ‘operator’. Nah, pemuda-pemuda inilah yang nantinya akan menjadi operator,” ujar Diah.

 
 

Kampanye Kesehatan Kekinian

Pada acara tersebut, Ruang&Tempo juga mendatangkan narasumber-narasumber muda lain yang bergelut dalam bidang kesehatan, yaitu Hasna Pradityas, Co-Founder Smoke Free Agents, dan Gigih Septianto, Co-Founder startup WeCare.id.

Sama halnya seperti pembicara sebelumnya, Tyas juga mengakui pentingnya peran generasi muda dalam bidang kesehatan, khususnya dalam berpartisipasi melakukan upaya pengendalian tembakau.

Tyas bersama Smoke Free Agents berupaya menemukan medium informasi yang sesuai dengan pemuda diantaranya pembuatan mural, video dan tagar agar masyarakat tidak gampang bosan dengan bentuk kampanye yang sebagian besar dilakukan hanya dalam bentuk demonstrasi saja.

“Menurut saya, sangat penting bagi anak muda untuk mengetahui bahaya rokok. Oleh karena itu, saya juga mau mengajak anak-anak muda untuk berkontribusi dalam isu pengendalian tembakau,” kata Tyas.

Di era yang serba teknologi-sentris ini juga ternyata dimanfaatkan oleh beberapa anak muda sebagai wadah untuk menuangkan ide-ide kreatif. Salah satunya adalah Gigih, yang menciptakan sebuah start-up bernama WeCare.

WeCare sendiri adalah platform yang digunakan untuk menggalang dana bagi pasien-pasien yang kurang mampu dan tinggal di daerah yang sulit dijangkau.

Ia berharap bahwa dengan diciptakannya platform ini, masyarakat bisa dengan lebih mudah ikut berpartisipasi membantu pasien-pasien yang kurang mampu.

“Generasi muda adalah generasi change-maker atau pembawa perubahan yang nantinya akan dapat membantu menyelesaikan masalah-masalah yang ada dalam bidang kesehatan. Sehingga peran pemerintah serta masyarakat lainnya adalah untuk mendorong inisiatif pemuda,” tutup Diah.

sumber :  tribunnews.com

Rama Shinta - Hasil MotoGP Aragon 2018, Marc Marquez menjadi juara. Sedangkan Andrea Dovizioso di posisi kedua dan Jorge Lorenzo sudah crash di tikungan pertama.

Dalam balapan di Sirkuit Aragon Motoland, Minggu (23/9/2018) malam WIB, balapan sudah seru sejak lap pertama.

Pebalap Ducati, Lorenzo sudah kehilangan kesempatan untuk merampungkan balapan di lap pertama.

 Dia keluar jalur dan motornya berputar hingga menyebabkan jatuh. Lorenzo keluar sirkuit dengan ditandu.

 

Sejak itu, balapan seolah cuma mementaskan dua rider, Dovizioso, yang tampil sebagai juara MotoGP San Marino, dan pemilik pimpinan klasemen, Marquez.

Dovi terus memimpin hingga tinggal menyisakan delapan lap. Marquez yang sempat tertinggal jauh mendekat dan sempat memimpin balapan.

Di sisa lima laps terakhir, duo Suzuki, Andrea Iannone dan Alex Rins, bisa mendekat. Mereka pun menambah sengit persaingan.

Sedangkan Valentino Rossi yang start dari posisi 18 berhasil finis di posisi 8.

 

 

Akhiri Dominasi Ducati

Memulai balapan dari pole position, Jorge Lorenzo kehilangan kendali saat memasuki tikungan 1 sehingga mengalami highside.

Kecelakaan tersebut membuat Jorge Lorenzo mengalami dislokasi jari kaki.

Alhasil posisi terdepan diperebutkan oleh rekan satu timnya,Andrea Dovizioso, dan pebalap Repsol Honda, Marc Marquez.

Hingga separuh balapan berlangsung, Andrea Dovizioso masih mampu memimpin jalannya balapan, diikuti Marc Marquez, Alex Rins, dan Andrea Iannone.

Namun pada beberapa lap terakhir, Marc Marquez berhasil mengambil alih jalannya balapan hingga garis finis.

Kemenangan tersebut berhasil mengakhiri dominasi Ducati yang memenangkan balapan pada tiga balapan terakhir.

Sedangkan Andrea Dovizioso harus puas finis di urutan kedua, diikuti duo Suzuki Ecstar, Andrea Iannone dan Alex Rins.

Adapun posisi kelima hingga keenam berhasil ditempati Dani Pedrosa, Aleix Espargaro, dan Danilo Petucci.

Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, yang start dari posisi ke-17 berhasil mengakhiri balapan di urutan kedelapan.

 

 

Berikut hasil lengkap MotoGP Aragon 2018.

1 Marc MARQUEZ Repsol Honda Team


2 Andrea DOVIZIOSO Ducati Team


3 Andrea IANNONE Team SUZUKI ECSTAR


4 Alex RINS Team SUZUKI ECSTAR


5 Dani PEDROSA Repsol Honda Team


6 Aleix ESPARGARO Aprilia Racing Team Gresini


7 Danilo PETRUCCI Alma Pramac Racing


8 Valentino ROSSI Movistar Yamaha MotoGP


9 Jack MILLER Alma Pramac Racing


10 Maverick VIÑALES Movistar Yamaha MotoGP


11 Franco MORBIDELLI EG 0,0 Marc VDS


12 Takaaki NAKAGAMI LCR Honda IDEMITSU


13 Bradley SMITH Red Bull KTM Factory Racing


14 Johann ZARCO Monster Yamaha Tech 3


15 Karel ABRAHAM Angel Nieto Team


16 Scott REDDING Aprilia Racing Team Gresini


17 Thomas LUTHI EG 0,0 Marc VDS


18 Hafizh SYAHRIN Monster Yamaha Tech 3


19 Xavier SIMEON Reale Avintia Racing


20 Jordi TORRES Reale Avintia Racing

 

 

Gagal Finis


- Cal CRUTCHLOW LCR Honda CASTROL


- Alvaro BAUTISTA Angel Nieto Team

 

Tidak Sampai Lap Pertama


- Jorge LORENZO Ducati Team

sumber : bola.com

Rama Shinta - Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi Iran pada laga pembuka Grup C Piala AFC U-16 2018 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Jumat (21/9/2018). Laga ini tak ayal bak pertarungan David melawan Goliat.

 

Terminologi David Vs Goliat dimulai 3000 tahun yang lalu di wilayah Palestina kuno ketika Kerajaan Israel baru lahir. Ketika itu, terjadi sebuah pertempuran yang kurang bisa diterima secara logika karena mempertandingkan seorang gembala manusia melawan raksasa.

Sejak saat itu, kisah tersebut menjadi sebuah metafora yang tertanam untuk menggambarkan akan kemenangan yang mustahil. Sebab, situasi yang tak seimbang antara yang kuat melawan yang lemah. Hal ini pun berlaku ketika Timnas Indonesia U-16 yang diposisikan sebagai David akan menghadapi Iran yang dianalogikan sebagai seorang Goliat.

Secara kualitas, Iran tentu saja bukan lawan yang mudah. Meski harus optimistis, melawan tim finalis Piala AFC 2016 tentu saja membuat Timnas Indonesia U-16 juga harus realistis.

Iran merupakan tim langganan yang tampil di Piala AFC U-16. Sejarah mencatat, tim berjuluk Melli Nojavanan (The New Youngsters) sudah 11 kali mentas dengan prestasi terbaik juara pada edisi 2008.

Adapun buat Timnas Indonesia U-16, ajang ini menjadi keikutsertaan keenam sepanjang sejarah. Tim Garuda Asia memiliki pencapaian terbaik yakni hanya semifinalis pada 1990 alias 28 tahun silam.

Namun, Timnas Indonesia U-16 juga tak boleh dipandang sebelah mata. Sepanjang tahun ini, sudah dua gelar direngkuh pasukan Fakhri Husaini. Bagus Kahfi dkk berhasil menjuarai Turnamen Sepakbola Remaja JENESYS Jepang-ASEAN U-16 2018 .

Selain itu, Timnas Indonesia U-16 juga mencetak sejarah dengan menjuarai Piala AFF U-16 2018 pertama kalinya. Bahkan, pada ajang tersebut mereka berhasil mencetak 23 gol dalam tujuh pertandingan.

"Kami sudah sangat siap menghadapi pertandingan pertama melawan Iran. Tim sudah hampir satu bulan berada di Malaysia untuk melakukan persiapan dalam pemusatan latihan," kata Fakhri Husaini seperti dikutip situs resmi PSSI.

"Kami juga sudah melihat dan mempelajari permainan lawan. Mereka (Iran) mempunyai kolektifitas permainan dan transisi yang sangat baik. Oleh karena itu, kami akan tetap konsentrasi kepada taktik dan permainan kami dan berusaha menjalani setiap pertandingan dengan raihan kemenangan," tegas Fakhri.

Meski unggul di atas kertas, Iran pada kenyataannya tak ingin jemawa. Pelatih Abbas Chamanian memprediksi laga melawan Timnas Indonesia U-16 akan berjalan alot.

"Kami ingin memberikan penampilan terbaik di turnamen ini. Kami mengharapkan start yang bagus melawan Indonesia besok. Akan jadi laga sulit melawan mereka karena Indonesia tim yang bagus," ujar Abbas Chamanian seperti dikutip dari situs resmi AFC.

Laga nanti secara keseluruhan tentu saja sangat penting untuk kedua tim. Andai memenangi laga perdana, tentu peluang untuk melaju ke babak selanjutnya akan lebih terbuka.

Apalagi Piala AFC U-16 2018 merupakan ajang perebutan tiket buat Timnas Indonesia U-16 dan tim lain menuju Piala Dunia U-17 2019 di Peru. Empat tim yang tampil sebagai semifinalis akan mendapatkan golden ticket lolos langsung mewakili Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).


 

Data - Fakta

Prakiraan Susunan Pemain

Iran U-16 (4-4-2): Amirhossein Nikpour (kiper), Amirhossein Azizi, Amir Reza Eslamtalab, Hossein Shaverdi, Seyed Pouria Teymori (belakang), Amir Jafari, Yasin Salmani, Abolfazi Alizadeh, Alireza Khodabakhshi (tengah), Aria Barzegar, Amin Doostali (depan)

Pelatih: Abbas Chamanian

 

Timnas Indonesia U-16 (4-2-3-1): Ernando Ari Sutaryadi (kiper), Bagas Kaffa, Fadilah Rahman, Komang Teguh, Yudha Febrian (belakang) David Maulana, Brylian Aldama, Andre Oktaviansyah, Amanar Abdillah, Sutan Zico (tengah), Bagus Kahfi (depan)

Pelatih: Fakhri Husaini

 

Head to head: -

Lima pertandingan terakhir Iran U-16:

  • 10/7/2018 - Azerbaijan 0-4 Iran (Pertandingan Persahabatan)
  • 8/7/2018 - Azerbaijan 1-5 Iran (Pertandingan Persahabatan)
  • 18/5/2018 - China 1-4 Iran (Jiangyin Four Nations Tournament)
  • 16/5/2018 - Iran 0-1 Jepang (Pertandingan Persahabatan)
  • 3/5/2018 - Iran 1-1 Tunisia/Qatar (Aspire Academy Tri-Series)

Lima pertandingan terakhir Timnas Indonesia U-16:

  • 11/8/2018 - Thailand 1-1 Timnas Indonesia U-16 (Piala AFF U-16 2018)
  • 9/8/2018 - Timnas Indonesia U-16 1-0 Malaysia (Piala AFF U-16 2018)
  • 6/9/2018 - Kamboja 0-4 Timnas Indonesia U-16 (Piala AFF U-16 2018)
  • 4/8/2018 - Timnas Indonesia U-16 3-0 Timor Leste (Piala AFF U-16 2018)
  • 2/8/2018 - Vietnam 2-4 Timnas Indonesia U-16 (Piala AFF U-16 2018)
21 September 2018

sumber : sindonews.com

Rama Shinta - Belasan mahasiswa asing mendatangi Kampung Samin di Dusun Blimbing, Desa Sambongrejo, Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Mereka disambut hangat sesepuh Sedulur Sikep (Samin) Pramugi Prawiro Wijoyo.

Alunan musik kotekan lesung yang dimainkan para wanita Samin, turut mengiringi kedatangan mereka. Mahasiswa asing itu spontan ikut bergabung untuk mencoba kotekan lesung dengan antan (alu).

Pria Samin yang mengenakan pakaian serba hitam dengan ikat kepala hitam, kemudian mempersilakan mereka masuk ke sebuah bangunan pendapa. Meski sedikit terkendala bahasa, tak mengurangi keakraban mereka dengan warga.

Suasana kekeluargaan sangat terasa ketika para mahasiswa asing tersebut disuguhi sajian kuliner tradisional khas masyarakat Samin Sambongrejo. Tanpa canggung, mereka menikmati beragam makanan yang diberi alas daun pisang tersebut.


"Beginilah suasana Kampung Adat Samin di sini, semoga berkesan. Saya doakan semoga semuanya sehat dan selamat. Sami seger waras (sehat walafiat)," ujar Pramugi setelah memperkenalkan diri, Minggu (22/10/2017).

Rabeea Mond Manshor, mahasiswa dari Libya, mengaku senang bisa berkunjung ke Kampung Samin. Gadis cantik itu terkesan dengan sikap ramah warga dan beberapa kali diajak foto bersama oleh penduduk Samin.
 
"Orang Indonesia baik, saya suka. Nanti foto saya dikirim lewat WhatsApp ya," ucapnya sambil memberi nomor telepon kepada warga.

Para mahasiswa asing itu berasal dari Amerika, Uganda, Malaysia, Tanzania, Vietnam, Libya, Rwanda, Timor Leste, Nigeria, Perancis, dan Etiopia. Turis yang masih berstatus sebagai mahasiswa asing program International Study Universitas Diponegoro (Undip) Semarang ini tiba di Blora pada hari Kamis, 19 Oktober 2017.

Rombongan diajak mengenali sejarah perminyakan dan seni budaya untuk mempromosikan potensi wisata yang ada di Kabupaten Blora. Setelah menyaksikan pertunjukan seni tradisional barongan, mereka mengunjungi kawasan Perhutani KPH Cepu.

Di lokasi ini terdapat benda bersejarah berupa loko uap buatan Jerman, peninggalan Belanda kepada masyarakat Blora dan sekitarnya. "Saya suka. Itu kereta lama yang unik," kata Moses Isdor Mgunda, mahasiswa dari Tanzania yang fasih berbahasa Indonesia.

Para mahasiswa asing itu kemudian diajak ke objek wisata edukasi sumur pengeboran minyak peninggalan Belanda di Desa Ledok, Kecamatan Sambong. Mereka ditunjukkan sumur minyak pertama di Indonesia yang dieksploitasi oleh Belanda.

Perjalanan menempuh kawasan hutan jati dilanjutkan melihat aktivitas para penambang minyak di sumur 142 dan sumur 98 yang dikelola oleh Pertamina. Para mahasiswa asing itu tertarik dan melihat dari dekat proses menimba minyak dari kedalaman sumur 600 meter. Selain itu, mereka juga melihat dari dekat sumur angguk yang ada di kawasan setempat.

"Kami mengapresiasi kedatangan para mahasiswa ke Blora. Selamat datang, ini baru sebagian yang bisa ditampilkan Kabupaten Blora. Tentu saja bisa lebih dikenalkan dan dipromosikan melalui agen wisata," ujar Wakil Bupati Blora Arief Rohman.

sumber : kompas.com

Rama Shinta - Mark Wahlberg, seorang bintang film Hollywood baru-baru ini mengungkap bahwa ia setiap hari bangun pada pukul 2.30 pagi, kemudian langsung menjalankan rutinitas harian.

Mulai dari olahraga selama 90 menit, golf, berdoa, dan pemulihan dalam "ruang cryo". Pria yang pernah menyabet Academy Award sebanyak dua kali itu mengaku kembali tidur pada pukul 19.30.

Wahlberg bukan satu-satunya orang terkenal yang biasa bangun pagi. Pejabat eksekutif tertinggi Apple, Tim Cook, dilaporkan bangun tidur pada pukul 03.45.

Kemudian bos Disney, Bob Iger, punya kebiasaan berolahraga setiap pukul 4.25, yang tampaknya telah mengilhami para pemain NBA untuk pergi ke pusat kebugaran lebih awal.

Di LinkedIn dan di profil para pemimpin perusahaan, kita sering menemukan nasihat yang umum, "jika Anda ingin sukses, bangunlah lebih awal".

Jadi haruskah kita bangun tidur lebih awal? Apakah kebiasaan itu membantu kita menjadi lebih produktif?

Bisa saja, tapi ada harga yang harus dibayar. Dan mungkin ada hasrat tersembunyi untuk membuat orang terkesan akan betapa produktifnya kita dengan bangun dini hari.

 

 

Tidur dan produktivitas

 

Wahlberg menyebut ia bangun setiap pukul 2.30 dini hari. Namun ia dapat melakukan berbagai akivitas dan tidur lebih awal agar bisa mendapatkan jam tidur yang cukup.

Seperti kata para ahli, tidur yang cukup penting untuk produktivitas dan kurang tidur akan sangat memengaruhi kesehatan dan kemampuan kognitif kita.

Dua peneliti Amerika, Christopher Barnes dan Gretchen Spreitzer, dari Universitas Washington dan University of Michigan, telah meneliti topik ini secara luas. Salah satu yang dikaji adalah apakah perusahaan memastikan karyawan mereka cukup tidur.

Spreitzer berpikir, Wahlberg hanya menggeser jam bangunnya dan memulai hari di waktu yang berbeda (meskipun sangat ekstrem) dari kebanyakan orang dan ia mungkin menjadi lebih produktif karena itu.

"Ada beberapa keuntungan. Anda menciptakan disiplin di mana Anda memiliki lebih banyak waktu untuk diri sendiri, yakni melakukan apapun sebelum bertemu dengan orang lain, termasuk keluarga," katanya.

Tetapi orang yang tidur terlalu awal dapat mengorbankan jejaring sosialnya dan kemampuan untuk mengembangkan hubungan sosial yang kuat. Kedua hal ini penting untuk kesehatan mental.

"Saya kira jika Anda tidur jam 19.30, Anda akan melewatkan banyak percakapan makan malam yang menyenangkan dengan keluarga atau kegiatan sosial dengan teman-teman," imbuhnya.

 

 

Ayam jago dan burung hantu

 

Manusia dan pola tidur dipandu oleh pola sirkadian, yaitu jam internal yang memicu kewaspadaan dan kantuk secara berkala.

Banyak orang cenderung bangun tidur dan mengantuk pada waktu yang sama setiap hari, itulah mengapa jet lag dapat membuat tubuh kita kaget saat memasuki zona waktu berbeda.

Berdasarkan pola sirkadian ini, peneliti mengelompokkan orang ke dalam dua kelompok besar, yakni ayam jago (terbiasa bangun dan tidur lebih awal) dan burung hantu (terbiasa bangun dan tidur lebih akhir).

Barnes mengatakan ada beberapa variasi alami di seluruh populasi, tetapi banyak dari kita cenderung menjadi ayam jago semasa kanak-anak, mengarah ke burung hantu sebagai remaja, dan seiring bertambahnya usia, beralih kembali ke ayam jago.

Namun Barnes berpendapat, jumlah orang di luar sana yang bisa disebut 'ayam jago super' seperti Mark Wahlberg, yang secara alami bangun pada jam 2.30, sangatlah jarang.

"Secara psikologis dan perilaku, paling baik jika Anda mencocokkan jadwal harian Anda dengan ritme sirkadian alami Anda," kata Barnes.

 

 

Ingin pamer

 

Beberapa orang yang menjalankan jadwal ekstrem dan kemudian memberi tahu semua orang tentang itu, mungkin didorong motivasi berbeda.

Tapi kenapa begitu banyak orang suka sesumbar tentang seberapa awal mereka memulai hari mereka?

Mungkin hanya untuk menciptakan ilusi bahwa mereka produktif. Terlebih lagi, banyak masyarakat memiliki bias yang cenderung mendukung orang-orang yang bangun lebih awal.

Sebuah studi pada tahun 2014 mengamati 120 orang dewasa yang bekerja dan menemukan bahwa mereka yang mulai bekerja lebih siang menerima penilaian kinerja yang lebih buruk dari atasan mereka, yang menganggap mereka sebagai karyawan yang kurang bersungguh-sungguh.

Terlebih lagi, pengawas yang merupakan 'burung hantu' cenderung kurang memandang negatif orang yang mulai bekerja lebih siang daripada pengawas yang merupakan 'ayam jago'.

"Orang-orang memiliki bias dalam cara mereka mengevaluasi jadwal kerja Anda. Anda dipandang lebih baik jika memulai hari Anda lebih awal," kata Barnes.

"Apa yang Anda coba maksimalkan? Apakah Anda mencoba membuat orang terkesan?"

Pada akhirnya Anda perlu mendengarkan tubuh Anda, memahami isyaratnya, dan menentukan sendiri kapan harus beristirahat.

Dan meskipun memulai hari Anda lebih awal memang dapat membuat Anda lebih produktif, tanyakan pada diri Anda mengapa Anda melakukannya: apakah itu benar-benar untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan? Atau mencoba membuat diri sendiri, atau orang lain, merasa bahwa Anda produktif?

Apapun alasannya, kesehatan Anda harus diutamakan. Penelitian Barnes menunjukkan, kurang tidur dapat menyebabkan berbagai masalah, antara lain kesulitan untuk tetap terjaga, dan bahkan kecenderungan yang meningkat untuk terlibat dalam perilaku tidak etis.

"Ketika energi Anda sedang rendah dan Anda tidak berada dalam kondisi terbaik, hal-hal buruk akan terjadi," kata Barnes.

sumber : cnnindonesia.com

Rama Shinta - Acara paruh waktu Super Bowl 53 pada tahun depan bakal seru. Band Maroon 5 dikabarkan bakal jadi penampil utama acara yang paling ditonton di Amerika Serikat tersebut.

Dikabarkan ET, sejumlah sumber terdekat acara itu mengatakan Maroon 5 sudah diagendakan untuk tampil di acara yang pada tahun depan diadakan pada 3 Februari di Atlanta.

Band yang digawangi oleh Adam Levine, Jesse Carmichael, James Valentine, PJ Morton, Matt Flynn, Sam Farrar and Mickey Madden sebenarnya kini berada dalam jadwal Red Pill Blues Tour.

Namun band tersebut memiliki jeda antara acara tahun baru di Las Vegas dan babak tur di Australia yang dimulai pada 19 Februari.

Levine sebelumnya sempat menunjukkan ketertarikan untuk manggung di acara yang menampilkan aksi paling heboh dari musisi dunia tersebut.

"Saya dan teman-teman [Maroon 5] amat sangat ingin main di Super Bowl," kata Levine ketika tampil di acara milik Howard Stern pada 2015.

Di sisi lain, juru bicara NFL selaku penyelenggara Super Bowl mengatakan dalam pernyataannya bahwa untuk saat ini belum ada pernyataan resmi apa pun terkait musisi yang akan tampil di acara paruh waktu itu.

"Sebuah tradisi Super Bowl untuk menebak penampil acara Pepsi Halftime Show," kata NFL dalam pernyataannya.

"Kami melanjutkan kerja sama dengan Pepsi dalam rencana kami, namun tidak memiliki pengumuman apa pun yang akan membuat acara tersebut jadi menakjubkan," lanjutnya.

ET menyebut telah menghubungi perwakilan Maroon 5 juga Pepsi selaku sponsor acara tersebut namun keduanya belum memberikan tanggapan.

Super Bowl menjadi acara paling ditonton dalam sejarah pertelevisian Amerika Serikat lantaran puncak pertandingan liga sepakbola Amerika. Di jeda antar laga, terdapat sebuah konser yang menampilkan sederet musisi papan atas dunia.

Tahun lalu dalam Super Bowl 52 yang berlangsung di Minneapolis, Justin Timberlake menjadi musisi yang dipilih untuk tampil secara solo setelah sempat tampil bersama Janet Jackson pada 2004 yang juga terjadi insiden disfungsi kostum Janet.

Sederet musisi dunia telah tampil, seperti Paul McCartney (2005), The Rolling Stones (2006), Prince (2007), Black Eyed Peas dan Usher (2011), Madonna dan Nicki Minaj (2012), Beyonce dan Destiny's Child (2013), Bruno Mars dan Red Hot Chilli Peppers (2014), Katy Perry (2015), Coldplay dan Beyonce (2016), dan Lady Gaga (2017).

Page 1 of 16

Tentang Kami