Live Streaming
Page 1 of 19

Program         :           Hallo Batam

Edisi                :           Jum’at, 14 Desember 2018

Host                :           Diah Pramesti

 

By Phone [0778 – 311 007]

  1. TUMBUR
  • Upaya Pemerintah Daerah Batam untuk meminta blanko e-KTP ke Pemerintah Pusat sudah sangat baik, hanya saja memang dari Pusat yang masih kendala.
  • Mohon berbagai pengurusan seperti passport, perbankan dll jika sudah ada surat pengganti KTP yang telah tertera no NIK juga tetap dilayanai, jangan dipersulit, jangan ditolak.
  • Untuk pembuatan Kartu BPJS tidak boleh diwakilkan.Jika tidak bayar berikan sanksi.
  1. MAN
  • Turis sudah mulai jenuh datang ke Batam, mungkin salah satunya terkait masalah transportasi on line, mohon Pemerintah memberikan solusi untuk hal ini karena banyak zona merah yang menjadi area sulit bagi transportasi on line untuk menjemput penumpang/tamu.

 

  1. NURI
  • Kehilangan dompet a/n.Romdani area Bank Riau Syariah dan di Kimia Farma Legenda, bagi yang menemukan mohon menghubungi no telpon 081919830702-081537509298. Didalam dompet ada ATM,KTP dll.Hilangnya Senin sore.
  1. ANDI
  • Selamat pagi..Sy Yanti dari Baloi..Sy ingin menyampaikan kerisauan saya ttg byk nya ibu2 dan bpk2 lansia yg berjualan koran di lampu merah.Seperti lampu merah Baloi, simpang jam, simpang franky, dll. Saya miris melihat kondisi ini...Tlg pihak terkait utk mensosialisasikan...Trimakasih
  1. ROBI
  • Pelabuhan Punggur, terkait dengan pelayanan taksi dalam memanggil dan menawarkan kepada penumpang mohon tidak teriak-teriak, gunakan papan nama atau gunakan cara lain yang lebih baik.
  1. LUKMAN BATU AJI
  • Isu pembubaran BP Batam mohon ada sosialisasi yang benar dan akurat sehingga masyarakat mengetahui beritanya secara utuh dan baik supaya tidak salah paham, jangan sampai dikaitkan dengan kepentingan politik.
  1. WAKASATLANTAS POLRESTA BARELANG AKP.KARTIJO
  • Bagi orang tua mohon untuk mengawasi dan mengontrol putra-pitrinya pada saat libur dan mohon tidak melawan arus bagi para pengguna jalan, ikuti aturan lalu lintas yang ada, ikuti u-turn, ikuti rambu-rambu demi keselamatan bersama.
  1. ANTON
  •  
  1. YARKASI
  • Turis Spore datang ke Batam hanya 1x saja sekedar penasaran karena pada kenyataannya belum sesuai dengan yang ditawarkan , seperti kebersihan dll..Kurang menarik untuk dikunjungi berkali-kali.
  • Tempat sampah di belakang Mega Legenda juga mohon diperhatikan dan dikelola dengan baik.Hal-hal yang Nampak-nampak mata mohon diatasi segera, pembuangan2 sampah ditepi jalan
  1. ELMI BATU AJI
  • Untuk peraturan jumlah kapasitas penumpang taksi bandara sebaikya diberikan pengumuman/informasi/sosialisasi kepada masyarakat supaya tidak salah paham.
  1. JUANDA
  • Bp Batam memang sudah tidak layak lagi, sudah beralih fungsi dari perdagangan,industri dll kok dialihkan menjadi Pariwisata.Tapi sha-sah aja jika BP Batam akan dileburkan dengan satu instansi,Tapi yang peru ditekankan adalah Pemimpinnya. Sebaiknya BP Batam langsung dibawah pusat. Ini ada pelanggaran aturan, karena tidak pas tidak diperbolehkan Walikota menjabat ex-officio sebagai Pimpinan BP Batam.
  • BP Batam juga jangan latah membuat kegiatan ceremonial yang hanya menghabiskan anggaran.

12.DION HADI LANGODAI

  • Berita pembubaran BP Batam belum bisa dipastikan, karena BP Batam atas dasar Kepres.
  • Pemko Batam mohon perhatian jalan Tanjung Riau ke Marina,jangan hanya jalan di Kota saja.

 

13.AGUS BATAM CENTER

  • Depan Harris Hotel, depan Pelabuhan Batam Center, depan Mega Mall jangan diperbolehkan parkir supaya tidak macet dan turis tidak terhambat perjalanannya saat mau masuk atau meninggalkan Batam.

14.SOELISTIONO

  • Semangat gotong royong jangan sampai kita tinggalkan karena sangat baik dilakukan ditengah masyarakat.

 

15.JON TIBAN

  • Perumahan Riau Bertuah ada pipa ATB bocor, mohon segera ditindaklanjuti supaya air tidak terbuang percuma.

 

WA 0811 701 007 :

 

Slmt pagi btm fm, Hengky btm ctr, mohon ada penertibpan dari pemko btm, di jalan orchid park / depan edukit disitu byk pedang kaki 5 yg sangat ramai, byk mobil parkir dibadan jalan, kami warga yg tinggal di komplek ini kesal kadang mau lewat saja susah karena jln kecil dan sempit, padahal disana ada kantor Lurah taman baloi dan juga byk perumahan elite, mohon sangat ada tindakan dari pemko btm utk bisa menertibkan kios kaki lima di Orchid Park. Terima kasih batam fm.

Selamat pagi batam fm

David dr bt aji

Mengenai ektp, menurut info dr koran pengurusan ektp hanya 1hr. Namun saat pergi ke kantor camat sagulung, petugas nnya blm siap. Padahal saya urus tahun lalu. Jadi bagaimana info yg sebenarnya, biar masyarakat bisa faham.Terima kasih

 

saya Hendro,

setiap pagi macet panjang dari arah batu aji ke panbil penyebabnya adalah kendaraan yg keluar masuk kekawasan panbil yg diatur oleh security.

kesempatan pengguna'an jalan 70% buat mereka dan 30% buat kami yg lurus.

kenapa kok belum juga ada solusinya?

kasihan kami dong yang perjalananya masih jauh dan jadi terlambat sampai tempat kerja,

 

Slmt pagi Halo Batam, Warga Jodoh sangat perihatin adanya pembubaran BP Batam mau kemana kan pegawai dikaryakan kalau BP Batam dibubarkan padahal BP Batam banyak mendatangkan turis asing dengan banyak kegiatan dan memasukan pendapatan daerah.

 

Selamat pagi.Nama Rahmad.

Tinggal di kawasan Bengkong Harapan.

Perihal : saya ingin memberitahukan kepada. Pemerintah setempat. Bahwa saat ini batam sedang gemcar2nya  melakukan pembenahan infrastruktur. Selain di situ kami warga bengkong harapan pasar setempat meminta bantuan kepada pemerintah setempat untuk membantu membenahi lokalisasi kawasan bengkong harapan. Yang sebagai mana jalan raya dipergunakan untuk pasar untuk mencari pencaharian rakyat. Tetapi disisi lain mohon meminta penjual untuk membantu menjaga kebersihan di lokasi. Dan jg bantuan dari pemerintah setempat. Dimana lokasi menjadi sangat kotor, jorok, dan bau yang dangat menyengat. Dimana para penjual setelah menjual, Hanya meningalkan begitu saja.dan juga jaln yg dlu masih bagus menjadi rusak karena genangan air2 dari penjual dipasar. Dan jg Dimana kepala pasar setiap hari memunggut uang kebersihan sebnyak 2000 terhadap setiap lapak yang berjualan. Tetapi kebersihan yg di lakukan tidak efektif. Dan bau yang sangat tidak enak.saya mohon kepada pemerintah setempat untuk turun tnagan langsung dan melakukan survey ke lokasi. Yaitu di kawasan lokasi bengkong harapan pasar. Di row jalan depan dan belakang. Sampah yang menumpuk dan jalanan yg banyak Sampah.Terima kasih.sekian foto yg saya lampirkan.

Batam Sul bengkong tentang jalan berlobang di jalan bengkong aljabar dari lampu merah bengkong harapan menuju lampu merah seraya mohon ditambal karena sdh terlalu rusak dan sdh lama  apa menunggu masyarakat utk menambalnya trmks.

Batam Pk Aldy Tiban

Asalamuallaikum selmt pagi mbk Diah saya ingin menanyakan ke pihak BP Batam atau instansi terkait mengenai tarif UWTO di kota Batam, kenapa ya tarif UWTO begitu besar jika di bantu proses perpanjangan sertifikat kita oleh pihak bank dan notaris rekanan bank , untuk biaya yg diminta cukup besar, apakah boleh pihak terkait  mempublikasikan ke seluruh masyarakat di kota Batam agar tidak salah paham berapa sih sebenarnya tarif pengurusan atau perpanjangan sertipikat rumah di kota Batam ini dan mohon di permudah pengurusannya trimaksih.??

Pak Udin Batam center, Menyembung yg di sampaikan pak Aldy yg di tiban tadi...Bener sekali, kami masyarakat sgt mengeluhkan masalah tarif UWTO yg jika di urus menggunakan jasa bank & notaris rekanan bank., Biaya sgt mahal..dan mohon untuk instansi terkait untuk mempublikasikan secara tranparan kepada masyarakat.. sekaligus instansi bank dan notaris agar biayanya sesuai...trmkasih

Masrefi: Slmt Btm FM dan slmt pg semuanya

Sy menanggapi yg disampaikan oleh Bpk yg td soal taxi On Line.   Antara taxi Kopensional dengan taxi On Line, yg benar adlh taxi KOPENSIONAL, karena mempunyai izin dari pemerintah Cq dari dinas perhubungan. On Line hanya izin aplikasinya yg ada izin bukan armadanya yg diizinkan. Unt diketahui buat kita semua adalah Undang2 di Dirjen Perhubungan Darat yg berbunyi sbb :

YG BERHAK MEMBAWA PENUMPANG UMUM ADALAH KENDRAAN UMUM

Jd On Line tidak berhak membawa penumpang umum

Negara kita ini semua usaha hrs ada izin, kalau tak ada izin semuanya jd kacau balau.

Soal pebangkapan, kami bukan menangkap ttpi mengantisipasi jgn adanya On Line mengambil penumpang k On line tdk punya izin membawa penumpang umum. Penangkapan adalah diketahui oleh semua pihak, Kepolisian, pihak Bandara dll. Diharap kpd semua masyarakat untuk bisa mwmpergunakan taxi dan damri yg sdh disediakan. Tks. Masrefi

 

Andi btm center

Apakah taksi plat hitam ada izin?? Buka mata buka telinga.

 

Pagi

Bpk candra di bengkong.

Mau menanggapi bpk refi ttg taxi kompensi

Harus nya bpk sadar kenapa masyarakat pindah ke taxi online.karna taxi kompensi itu kebanyakan sombong dan arogan serta tdk ramah. Kalau dri dulu taxi kompensi ramah dan bersahat pasti tak akan ada taxi online.tks batam fm

Batam Yusdianto Tg uma Pagi semua warga batam semoga cerah , membawa cerdas Perwako batam tentang perangkat Rt Rw terapkan jgn pilih kasih , dan jengan terkesan uturan yg di buat seperti menelan ludah yg sudah di buang . Salam Satu Cinta Indonesia

Batam sidabutar batuaji

Jika taxi online tidak berizin maka laranglah di seluruh indonesia krn skrg semakin tidak terkontrol menangkapi.  Yg konvensional juga jika berizin tolong cek armadanya spt apa sudah lengkap dibuat spt stnk kir sim terkadang bnyk yg tidak lengkap.  Jika tidak lengkap mohon  distop dulu beroperasi.  Dan malah ada pernah tgl 9 des 2018 taxi bandara menjemput penumpang pake aplikasi go car yg dilaporkan oleh pak wanda kebatam fm.  Terimakasih

Dari ery nagoya..taxi pribadi itu memang seenaknya kasih harga,sangat mahal banget itu mbk..klu nggk ada ijinya mending dicabut aja,lebih murah pake trans batam malah...

 

 

Program         :           Hallo Batam

Edisi                :           Kamis, 13 Desember 2018

Penyiar           :           Yanti Larasati

 

By Phone [0778 – 311 007]

Roni – Sagulung Kota

  • Pemberitaan tentang akan menghilangkan dualisme di Batam, semoga terwujud untuk kemajuan kota

 Tumbur – Batu Aji

  • Saya simple saja, kajianya harus matang, presiden tentu dibantu staf ahli, jika BP Batam masih memberikan manfaat untuk masyarakat ya dipertahankan, namun jika tidak membawa manfaat ya dibubarkan.
  • Disperindag dan Pertamina tolong gas elpiji jangan langka
  • Jalan yang saya sampaikan di jalan lewat bidan Aini, simpang RKT, tolong diperhatikan, karena lobang semakin dalam

 Daeng Kelana

  • Apa dasar penetapan Hari Jadi Batam?

 Niko – Batu Aji

  • Jalan Simpang 3 RKT, warga dan pak camat sudah pernah melakukan perbaikan, disebabkan oleh parit yang tidak ada sehingga jalan cepat rusak.
  • Masalah E-KTP, harap ada statement bahwa di Batam gak ada masalah,

 Rudi Panjaitan ( Kabag. Pemerintahan Pemko Batam )

  • Perihal hari jadi kota Batam, melalui Perda no. 4 / 2009, tentang hari jadi Kota Batam, melalui berbagai usulan dan disepakati diberikanya mandate kepada nong isa dari raja Riau Lingga 18 Desember 1829, tentang kenapa penyebutan Kota Batam itu secara administrative pada saat ini
  • Dalam rangka HUT Kota Batam, agenda : pagi Upacara – penghargaan Batam Madani – Sidang Paripurna – Pawa budaya dengan rute Bundaran tuah Madani – simpang Masjid Agung – Dataran Engku Putri

 

KARTIJO ( Wakasatlantas Polresta Barelang )

  • Batu Aji hujan, jalan Dipenegoro lalin padat, kurangi kecepatan
  • Satlantas sudah melakukan oleh TKP atas kecelakaan yg terjadi di mataa kucingbeberapa hari lalu.

 Ali Akbar

  • Villa Pesona Asri, difasosnya ada sosialisasi tentang WTO / UWT oleh BP. Menurut pak Ali, peran BP Batam tetap diperlukan, jadi perlu kajian yg mendalam jika BP akan dibubarkan.

 Nurfatmawati – Batam Centre

  • Mengajukan perpanjangan WTO, lewat email tidak di eprof, disuruh membuat pernyataan dari Hak Milik menjadi Hak Guna Bangun. Kenapa mau bayar WTO kok dipersulit, dan kenapa bisa berubah dari hak milik ke HGB? Aturanya mana?
  • Di Palembang bagi warga yang pindah dari daerah lain, harus menyelesaikan PBB

 Siregar - Nato

  • Tentang berita yang beredar “Pembubaran BP” tentu untuk kepentingan masyarakat Kota Batam.

 Andi - Tiban

  • Kepada Satlantas, dekat Imperium setiap pagi dan sore banyak yang lawan arah.

 Pras – Batu Besar

  • Pandangan saya : ambil positif jika memang disatukan antara BP dan Pemko, semoga pak Wali bisa melakukan yang terbaik.

 Anton

  • Terimakasih pak Kartijo telah patroli ke jalan Diponegoro / Mata Kucing? Tolong daerah Batu Aji dimonitor terus agar masyarakat tertib berlalu lintas
  • Di Panbil harap dimonitor pengguna jalanya
  • Jalan dari Cipta Asri  menuju ke Barelang, dari dua arah ke satu arah sering terjadi kecelakaan

 Adi – Batam Center

untuk Dishub – dari terowongan ada perboden banyak dilanggar, jadi penyebab kemacetan, kalo memungkinkan ditutup saja

 Burhanudin

Mengejutkan berita ttg BP yg dibubarkan, menurut saya dibuat saja Provinsi Khusus Barelang jadi bukan dibubarkan, SDM di OB sangat kompeten

WA 0811 701 007 :

Selamat pagi batam fm, saya Hengky btm ctr, banyak kendaraan roda2/4 yang sering ambil jalan pintas ( lewat kiri ) dari arah simpang kepri mall menujuh ke simpang frengky tanpa mau antri lampu merah, ini sangat berbahaya bagi kendaraan org lain, karena kita kadang hrs injak rem medadak, sdh byk terjadi tabrakan disitu, kami sangat mohon sekali ada tindakan dari pihak kepolisian/ dishub untuk ambil tindakan tegas, atau gimana jalan itu dibuat pembatasan saja.

Ke 2 disitu juga jadi langganan mobil Lori truk rental yang sering parkir di badan jalan utk menunggu penyewa, Terima kasih batam fm.Terima kasih batam fm.

Dari#daeng Al Makassary# Selamat pagi warga Batam. Menanggapi pemberitaan yg sdg viral di kota Batam kemaren hingga tadi malam tentang issu "BP Batam dibubarkan Presiden". Membaca berita ini sambil berpikir jangan2 ini hadiah utk HUT Kota Batam atau ini hanya bagian dr pencitraan politik jelang Pilpres. Tp apapun itu..sbg warga berdoa moga BP Batam segera dibubarkan, shg Pemko Batam bs fokus membangun Kota Batam dlm segala aspek pembangunan. Trima ksh..

Iwan Tanjung Uncang, menyoroti jalan di dekat simpang PT Jaya Asiatic, air dari parit melimpah ke jalan raya, apa lagi kalo hujan jadi banjir, mohon pihak terkait bisa melakukan tindakan, terima kasih.

Selamat pagi mbk yanti

Giat team dikyasa hari ini kami survey jalan melawan arus d tiban mekar sari kami himbaw kpd pengendara agar tidak melawan arus agar tidak menimbulkan kecelakaan dan kami akan surati intansi terkait tentang pemasangan rambu larangan melawan arah

  • Iptu sumihar
  • Aipda dedi
  • Bripka yoga.

 

 

Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia meluncurkan tiga kapal patroli karya anak bangsa, di Galangan   PT. Citra Shipyard, Tanjung Uncang, Batam, Kamis (13/12/2018).

Nama ketiga Kapal Negara 80 Meter ini seluruhnya diambil dari nama pulau terluar Indonesia, yakni KN. Pulau Nipah 8001, KN. Pulau Marore 8002, KN. Pulau Dana 8003.

Kapal Patroli ini berspesifikasi panjang 80 meter, lebar 7.90 meter, tinggi 14.4 meter,  kecepatan hingga mencapai 22 knot dan memiliki mesin penggerak 2 unit MAN/18VP185TM.

Kabakamla RI Laksdya Bakamla A. Taufiq R.  dalam sambutannya yang dibacakan oleh Plt. Deputi Operasi Laut Laksma Bakamla Guntur Wahyudi mengatakan,  pembangunan tiga unit kapal patroli Bakamla kelas 80 meter ini tentunya memiliki makna yang sangat strategis bagi industri pertahanan dan keamanan nasional.

"Hal ini membuktikan bahwa putra-putri bangsa Indonesia  mampu melaksanakan tugas sesuai dengan fungsi penyelenggaraan industri pertahanan dan keamanan, yaitu mengembangkan teknologi industri perkapalan yang bermanfaat bagi pertahanan, keamanan dan kepentingan nasional lainnya" katanya.

Menurutnya, keberhasilan pembangunan kapal ini juga menjadi bukti kemampuan putra-putri Indonesia untuk memberikan kontribusinya dalam penguasaan bidang teknologi perkapalan nasional, sekaligus merupakan salah satu solusi konkrit dalam mengurangi ketergantungan dari negara lain terkait dengan pengadaan kapal patroli di masa yang akan datang.

Pembangunan tiga unit kapal patroli Bakamla kelas 80 meter ini, lanjutnya, diharapkan ke depannya dapat meningkatkan kekuatan dan kemampuan Bakamla RI, khususnya bagi kebutuhan unsur operasional dalam mengemban tugasnya melakukan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia.

Selain itu, kehadiran kapal ini tentunya akan menjadi bagian penting dalam mendukung terwujudnya negara Indonesia sebagai poros maritim dunia, imbuhnya.

Peluncuran 3 kapal patroli tersebut ditanfai dengan  pernyataan resmi pemberian nama oleh Plt. Deputi Operasi Laut yang dilanjutkan dengan pemotongan tali pengikat kendi dan penekanan sirene, yang  disaksikan Kepala Biro Sarpras Laksma Bakamla Amrein, S.E.,Kepala kantor Zona Maritim Barat Laksma Bakamla Eko Murwanto, S.Sos dan Direktur Utama PT. Citra Shipyard Mr.Jovan.

Peluncuran tiga kapal Bakamla RI ini rencananya juga akan dihadiri, Danguskamla Koarmada I Laksamana Pertama TNI David Santoso, Wadanlantamal IV Kolonel Laut Imam Teguh, Dirpolair Polda Kepri Kombes Pol Benyamin Sapta, serta undangan lainnya.

Dalam Pers rilis yang digelar di Polsek Sekupang, Kamis (29/11/2018) Jajaran Polresta Barelang dan Polsek Sekupang mengamankan barang bukti pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) sebanyak 16 unit kendaraan roda dua dan 3 unit mobil sewaan yang digunakan pelaku untuk melancarkan aksinya.

"Dari total 7 tersangka, 6 tersangka berhasil diamankan dan satu tersangka masih dalam pengejaran pihak kepolisian (DPO)" Ujar Kapolresta Barelang Hengki.

Modus operandi ada dua kelompok, terdiri dari kelompok pertama berinisial S, S, B dan K sementara kelompok kedua berinisial S,S dan M yang masih dalam Pengejaran Pihak Kepolisian.
Barang hasil kejahatan diperjualbelikan diberbagai pulau diluar Batam seperti Tanjungpinang, Tanjung Uban dan Dapok Singkep dengan harga 2 juta - 2,5 juta/ unit.

" Kronologis penangkapan 6 tersangka berawal dari percobaan pencurian satu unit kendaraan bermotor, dari hasil penangkapan dikembangkan dan Berhasil diamankan 16 unit kendaraan bermotor dari dua tim/kelompok, modusnya menggunakan mobil sewaan dan menyasar kendaraan roda dua yang terparkir " tambah Hengki kepada awak media.

Dari 7 pelaku, satu orang sebagai penadah dan 5 orang pelaku serta satu DPO, pelaku yang berhasil diamankan ada satu orang merupakan residivis dan yang lain merupakan pemuda pengangguran yang kost disekitar seraya. Para pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP junto 480 dengan ancaman kurungan diatas 5 tahun penjara.

sumber : tribunnews.com

Rama Shinta - Kebutuhan air di Batam ke depan akan meningkat signifikan, seiring dengan pengembangan Batam. Hingga 2045 mendatang, diproyeksikan kebutuhan air di Batam sekitar 7.081 liter per detik.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Pengelolaan Air dan Limbah Badan Pengusahaan (BP) Batam, Binsar Tambunan, saat kegiatan Focus Group Discussion Air Terjun Jelutung Lingga, solusi atas permasalahan air bersih di Pulau Batam.

"Konsumsi air saat ini konsesi dengan PT ATB (Adhya Tirta Batam) per hari itu kebutuhannya 170 sampai 180 liter per orang per hari. Asumsi ini di 2045 akan meningkat sebesar 200 sampai 300 liter per orang per hari," kata Binsar di ruang Marketing Centre Batam'>BP Batam, Senin (12/11/2018).

Ia melanjutkan saat ini ketersediaan air yang ada sebesar 3.800 liter per detik. Untuk kebutuhan di Batam, Rempang dan Galang yang menjadi satu kesatuan wilayah, lanjutnya, setiap pulau mesti memenuhi kebutuhan air di daerahnya masing-masing. Di Batam sendiri ada enam waduk.

"Kebutuhan air kita ke depan lebih besar," ujarnya.

Deputi IV BP Batam, Eko Budi Soepriyanto mengatakan, dengan ketersediaan air yang ada saat ini, Batam akan kekurangan air pada 2040 atau 2045 mendatang.

Karena itu selain mencari sumber-sumber air yang baru, termasuk juga dengan mengoperasikan instalasi pengolahan limbah di Bengkong, skenario yang dilakukan, diantaranya, yakni memanfaatkan air terjun Busung di Bintan dan air terjun Jelutung di Lingga.

 

"Tahun 2017 kita (BP Batam) sudah pernah melakukan MoU antara Batam'>BP Batam dan Lingga'>Kabupaten Lingga terkait kerjasama pemanfaatan air di Lingga untuk masyarakat Batam. Kita sudah lakukan FGD pertama, dan ini FGD kedua lebih fokus terkait teknisnya," kata Eko.

Ia berharap kerjasama tersebut bisa segera terealisasi. Adapun panjang pipa bawah laut untuk menarik air dari Lingga ke Batamini, diperkirakan sepanjang 100 km.

Jika kerjasama itu terealisasi, setidaknya butuh waktu 5 tahun untuk pemasangan pipa bawah laut tersebut. Lebih lanjut, Eko mengatakan, untuk pembangunan dan lain sebagainya bukan menjadi kewenangan Batam'>BP Batam.

"BP Batam sebagai institusi yang menerima hasil. Samalah seperti pembangunan bendungan sebelumnya, pembangunan dilakukan pemerintah. Setelah selesai baru pengelolaannya diberikan ke Batam'>BP Batam untuk dikerjasamakan dengan ATB," ujarnya.

Terkait kajian untuk kerjasama pemanfaatan air terjun Jelutung itu, sepenuhnya menjadi ranah Balai Wilayah Sungai (BWS).

Sementara itu di tempat yang sama, Bupati Lingga, Alias Wello mengatakan, potensi pemanfaatan air di Lingga terbilang besar, dan ini juga bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan terhadap air di daerah lainnya di Kepri.

"Sumber air baku di Pulau Lingga ada delapan. Di Singkep ada lima. Jadi untuk air tak ada masalah," kata Alias.

Untuk satu sumber air baku saja seperti air terjun Jelutung di Pulau Lingga, debit air pada musim kering 4.000 liter per detik. Belum lagi di musim hujan sebesar 6.000 liter per detik.

Itupun dengan debit air yang ada saat ini, masih banyak yang terbuang ke laut. Di sisi lain, Alias mengakui, pengadaan infrastruktur di daerahnya untuk pemanfaatan air tersebut masih kurang.

Jika mengandalkan Anggaran Pendapatan Asli Daerah (APBD) Lingga'>Kabupaten Lingga, sangat terbatas.

"Untuk infrastruktur memang berat. Makanya kami tawarkan ini (kerjasama pemanfaatan air) dengan kemampuan kami yang terbatas untuk jadi program besar," ujarnya.

Ia berharap lewat kerjasama itu, bisa memberikan kontribusi besar bagi pemasukan di masing-masing daerah. Untuk realisasinya, Alias mengharapkan bantuan anggaran dari pusat.

"Pemerintah harus hadir untuk proyek besar ini. Karena Batamidentik kota industri, penduduknya semakin banyak, begitu juga dengan hotel-hotel," kata Alias. 

sumber : tribunnews.com

Rama Shinta - BP Batam layanan keliling (BLINK) periode kedua tahun 2018 mengalami peningkatan 40 persen dari periode pertama. Periode ketiga tahun 2018 akan digelar di tiga titik.

Direktur PTSP BP Batam, Ady Soegiharto menjelaskan, BLINK yang sudah di launching pada Agustus 2018 mendapat respon yang cukup baik di masyarakat.

"BLINK yang sudah di launching oleh kepala BP Batam pada bulan Agustus 2018, pada periode kedua ini diselenggarakan di 4 titik (Tiban MC Dermott 1 dan 2, Plamo Garden dan Costa Rica) diperkirakan masyarakat yang akan memperpanjang UWT(Uang Wajib Tahunan) lebih kurang 107 pemohon. Dan itu lebih banyak 40 persen dari periode pertama yang hanya 56 pemohon," jelas Ady dalam konferensi pers di ruang Humas BP Batam, Kamis (8/11/2018).

Ady mengasumsikan biaya dari ratusan pemohon layanan BLINK (UWT dan IPH) akan langsung dibayarkan kepada negara.

"Kita coba mengasumsikan 107 pemohon yang memperpanjang UWT tadi, lebih kurang Rp 914 juta yang akan dibayarkan kepada negara. Dan Kami akan terus mengembangkan pelayanan dari sisi pembayaran UWT dan IPH tersebut. Karena dari program pimpinan kita akan mendekatkan layanan kepada masyarakat," katanya.

Ke depannya BLINK pada periode ketiga, akan dilaksanakan di tiga titik. Terkhusus di daerah yang masa UWT nya akan habis dalam 1-2 terakhir.

"Untuk periode ketiga tahun 2018, akan dilaksanakan pertengahan November 2018 ini. Ada 3 titik (Perumahan greendland, Anggrek Mas Batam Centre dan Masyeba Mas Sekupang. Rata-rata di daerah tersebut yang akan masa berakhir masa UWT-nya, ada yang sisa 1-2 tahun," terangnya.

Ady memaparkan, BP Batam ingin lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat terutama dalam pelayanan pembayaran UWT dan IPH.

 

"Kita coba memfasilitasi program online, kepada masyarakat tidak semua masyarakat paham online. Ada yang punya perangkat tidak mengerti menggunakannya ada juga yang tau menggunakannya tetapi tidak mempunyai perangkatnya. Maka dari itu kita ingin jemput bola, terutama pelayanan pembayaran UWT dan IPH walaupun program tersebut sudah secara online," katanya.

Usaha lainnya dari BP Batam untuk mendekatkan diri kepada masyarakat adalah merubah aturan dan tarif sebelumnya.

"Kita sendiri dari aturan BP Batam sudah berusaha merubah dari tarif dan masa berlaku. Perpanjangan itu minimal 5-10 tahun sudah bisa dilakukan. Perubahan kebijakan dan aturan pembayaran dan pelayanan UWT merupakan upaya diri mendekatkan diri kepada masyarakat untuk menjemput bola," katanya
.
Ke depannya pada tahun 2019, BLINK akan disiapkan di tempat-tempat keramaian dan strategis di Batam.

"Ke depannya di tahun 2019, kami mengharapkan juga dari pimpinan akan menyiapkan corner-corner di tempat keramaian seperti mal dan tempat strategis di Batam. Tahap pertama mungkin hanya informasi kita lakukan di hari libur misalkan ke depannya masyarakat bisa melakukan pembayaran perpanjangan dan peralihan hak di titik keramaian tersebut, sama seperti samsat," ujarnya.

sumber : tribunnews.com

Rama Shinta - Kepala Seksi Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Disperindag Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Andre mengakui kelangkaan Gas LPG 3 kilogram (KG) di wilayah Batam.

Hal ini dikarenakan adanya keterlambatan atau jeda pengiriman dari agen ke pangkalan. Sehingga menyebabkan sempat terputusnya beberapa hari pasokan.

"Minggu terakhir bulan Oktober 2018, memang ada isu kelangkaan LPG PSO. Kami langsung cek lapangan namun, Pertamina akhirnya menambah LO ke beberapa agen LPG," ujar Andre kepada Tribun, Rabu (7/11/2018). 

Kelangkaan tersebut ada dibeberapa titik diantaranya Nongsa, Batam Kota dan Bengkong. Diakuinya awal November ini pasokan sudah kembali normal seperti biasanya.

"Kami juga sudah kroscek langsung ke agen dan pertamina bahwa stok masih aman. Saya ada info dari beberapa pangkalan di kecamatan tersebut," tuturnya.

Andre berharap semoga tidak ada kendala dalam rantai pasokan atau pengantaran. Diantaranya SPBU ke Agen kemudian pangkalan, terakhir didistribusikan ke masyarakat.

Sebelumnya sejumlah ibu-ibu rumah tangga di Botanis Batam, mengeluhkan langkanya gas elpiji 3 kg atau melon.

Satu di antaranya Warni (35). Sejak Selasa (11/6) pagi, suaminya sudah tujuh keliling Botania cari gas melon, namun tidak ketemu.

"Tidak ada yang jual. Kok bisa begitu yah, kami sangat kewalahan atas kelangkaan gas ini,'' katanya.

Di rumah Warni, hanya gas melon itu lah satu-satunya. Tidak ada tabung gas yang lebih berat.

"Terpaksa kami pakai kompor minyak. Itu pun, minyak tanahnya suami beli di Jodoh. Susah juga dapat di Botania,"katanya.

Selain Warni, Damayanti Warga perumahan Komplek Taman Raya Tahap III juga mengeluhkan hal yang sama.

Ia mengatakan, sebenarnya kelangkaan gas itu tidak saja hanya Senin kemaren. "Sudah tiga minggu yang lalu gas melon gak dijual di agen biasa,'' ujarnya.

Kelangkaan gas di Botania muncul berbagai spekulasi dari masyarakat. Ada yang mengatakan gas sengaja dimainkan oleh oknum agen. Dan ada juga yang bilang, kelangkaan gas melon yang diperuntukan bagi keluarga miskin itu akan ditarik pemerintah diganti dengan gas bright 5,5 kg.

 

Bahkan harga elpiji di Legenda Malaka sebesar Rp 25 ribu per tabung.Terkait kelangkaan elpiji 3 kilogram ini DPRD Kota Batam dalam waktu dekat akan memanggil pihak-pihak terkait.

Ketua Komisi II DPRD Batam Edward Brando mengaku belum mengetahui kenaikan dan kelangkaan gas tiga kilogram tersebut. Namun demikian ia berjanji akan segera mencari tahu sekaligus membicarakan kelangkaan dengan dinas terkait.

"Kita akan jadwalkan memanggil dinas terkait untuk rapat dengar pendapat. Apa penyebabnya dan solusi seperti apa, akan kita cari bersama," kata Edward.

Anggota Komisi II DPRD Batam, Mukriyadi mengatakan kelangkaan dan melambungnya harga elpiji 3 kilogram ini karena adanya permainan harga di pasar.

"Saya dengar di agen harga normal, sedangkan pertamina tidak mengurangi stok. Sementara bila dibeli kepada pengecer, harganya lebih tinggi. Gas tiga kilo di agen juga sering kosong. Makanya kita ingin tahu penyebabnya apa," katanya.

"Beberapa hari ini kita mendapatkan laporan kelangkaan elpiji, gas sulit didapatkan. Sementara pengecer hanganya sudah tinggi. Saya minta pemerintah untuk mengawasinya," tegasnya.

sumber : tribunnews.com

Rama Shinta - Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Kepri menghadirkan dua orang yang diamankan dalam operasi tangkap tangan (OTT) saat ekspos di Pendopo Polda Kepri, Senin (5/11/2018).

Dua orang yang terjaring dalam OTT Ditkrimsus Polda Kepri itu adalah TS Kepala Syahbandar Pulau Sambu dan ES pimpinan PT Garuda Mahakam Pratama.

Dalam ekspos yang disampaikan Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol S. Erlangga menyebutkan, OTT terhadap kedua orang ini berlangsung di Jakarta.

 

"OT terjadi pada tanggal 3 November 2018 sekitar pukul 18.30 WIB di restoran Gandaria City Mall Jakarta," ucapnya saat ekspos, Senin (5/11/2018).

Tampak hadiri Dirkrimsus Polda Kepri, Kombes Pol Rustam Mansur.

Disebutkan, dalam kasus ini polisi sudah membuntuti tersangka sejak 3 Agustus lalu setelah mendapat dari informasi masyarakat terkait adanya dugaan transaksi uang tersebut.

"Perusahan ini adalah agen jasa pelayaran. Menyuap KSOP Pulau Sambu untuk uang kelancaran, dan ini sudah berlangsung sejak tanggal 3 Agustus lalu," kata Erlangga.

Kombes Pol Rustam Mansur menyebutkan, dari hasil pengungkapan, petugas mengamankan uang tunai sebanyak 9.200 USD atau sekira 137,87 Juta.

"Kita akan dalami keterlibatan siapa saja dalam uang kelancaran ini. Kita masih melakukan pengembangan untuk memburu sampai ke akarnya," katanya.

sumber : tribunnews.com

Rama Shinta - Sebanyak 14 rumah warga rusak berat akibat hataman angin puting beliung, Minggu (4/11/21018).

Selain 14 rumah rusak berat, 8 rumah rusak sedang dan 4 rumah alami rusak ringan. Rumah warga yang rusak antara lain jatuh ke laut, atap terbang dan bangunan roboh rata dengan tanah.

 

 

"Dari data semenatar hingga Minggu malam ada 14 rumah yang rusah parah. Sisanga rusah sedang dan rusak ringan. Yang rusak parah itu diantaranya 4 rumah jatuh ke laut bersama warga saat puting beliung mengahantam. Kemudian atap terbang dibawa angin serta bangunan rumah roboh rata dengan tanah," katanya.

Izat menyebutkan rumah yang dihantam puting beliung rata-rata berada di pinggir pantai dan pinggir pelantar dekat laut.

"Umumnya rumah yang berada di pesisir atau dekat pelantar di laut yang dihantam puting beliung," katanya.

Baca: BREAKING NEWS. 26 Rumah di Pulau Pecong Dihantam Puting Beliung

"Dari data semenatar hingga Minggu malam ada 14 rumah yang rusah parah. Sisanga rusah sedang dan rusak ringan. Yang rusak parah itu diantaranya 4 rumah jatuh ke laut bersama warga saat puting beliung mengahantam. Kemudian atap terbang dibawa angin serta bangunan rumah roboh rata dengan tanah," katanya.

 

Izat menyebutkan rumah yang dihantam puting beliung rata-rata berada di pinggir pantai dan pinggir pelantar dekat laut.

 

"Umumnya rumah yang berada di pesisir atau dekat pelantar di laut yang dihantam puting beliung," katanya.

sumber : tribunnews.com

Rama Shinta -Perihal perda inisiasi yang diajukan Dinas Kesehatan (Dinkes), DPRD Kota Batam segera membuat Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Penanggulangan HIV/AIDS dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) 2019 mendatang.

Hal ini disampaikan Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Batam Sukaryo.

"Tujuan kita untuk mencegah dan memberikan sanksi bagi pelaku yang menyebar virus tersebut, salah satunya adalah komunitas LGBT," ujarnya Kamis (1/11/2018).

Menurut dia, perda ini memang wajib sebagai bentuk kehadiran Pemerintah Kota (Pemko) Batam di tengah persoalan yang ada di masyarakat.

 

Pemko Batam memang harus hadir untuk mensosialisasikan bahaya penyakit tersebut dan menggandeng semua pihak.

"Mulai yang terkecil seperti keluarga, RT, RW, lurah hingga instansi yang ada di pemerintahan," kata Sukaryo.

Ia menambahkan maraknya persoalan LGBT ini sudah tergolong sangat berbahaya. Menurutnya sebuah gumpalan salju menggelinding semakin banyak.

"Yang kita tahu karena mereka melapor dan dirawat. Lalu bagaimana yang tidak melapor. Jangan-jangan generasi kita sudah banyak yang kena HIV/AIDS," sesalnya.

Berdasarkan data ada sekitar 10 ribuan penderita HIV/AIDS di Kota Batam. Termasuk pula di antara mereka yang tergolong LGBT.

Page 1 of 19

Tentang Kami