Live Streaming
Monday, 17 September 2018 13:42

Warga dan Mahasiswa Tanam Pohon di Lokasi Resapan Air yang sering buat Banjir di Tiban

sumber : tribunnews.com

Rama Shinta - Warga Tiban Koperasi Sekupang bersama Komunitas Penggiat Lingkungan Batam dan Organisasi Kemahasiswaan dari Ibnu Sina Batam, UIB dan Poltek menggelar aksi penanaman pohon.

Mereka menanam pohon di atas bukit yang dipotong dan lahan kolam retensi yang ditimbun pengembang dan Koperasi Karyawan Otorita Batam, Minggu (16/9/2018).

Sejumlah mahasiwa pencinta lingkungan dan warga melakukan penanaman sejumlah bibit pohon di lahan dan bukit yang dipotong di Tiban Koperasi Sekupang.

 

Humas Komunitas Penggiat Lingkungan Batam, Yopta Eka Saputra mengatakan, aksi penanaman 30 bibit pohon ini merupakan bentuk kepedulian Komunitas Penggiat Lingkungan Batam dan Organisasi Kemahasiswaan dari Ibnu Sina Batam, UIB dan Poltek terhadap bencana banjir yang dialami warga Tiban Koperasi, Sekupang.

Sebab bisa diketahui sendiri, di tengah pengembang melakukan pemotongan bukit dan penimbunan kolam retensi warga di Tiban Koperasi, bencana banjir terus melanda warga dan ekosistem alam di lingkungan warga rusak.

"Kita turut prihatin terhadap apa yang dialami warga Tiban Koperasi, dan penimbuhan kolam retensi serta pemotongan bukit sangat merugikan warga,"terangnya.Adapun bibit pohon yang akan ditanam yakni bibit pohon durian, mahoni,lengkeng, palem, kelapa ,pisang dan masih banyak lagi yang lainnya.

"Kegiatan ini akan kita lakukan berkelanjutan, sampai kolam retensi warga Tiban Koperasi di kembalikan," tuturnya.Di tempat yang sama, Anto Sujanto warga Tiban Koperasi menyampaikan, penanaman bibit pohon ini dalam rangka keinginan warga untuk mencegah banjir dan mengembalikan kolam retensi warga seperti semula.

"Karena kami sangat berkeinginan kolam retensi kami dikembalikan,sebab semenjak kolam retensi ditimbun pemukiman kami sudah sering dilanda banjir,"katanya.

Dia juga menuturkan, bahwa warga sangat berharap Pemerintah mencabut Izin Membuat Bangunan(IMB) di lahan kolam retensi yang saat ini sudah di segel Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) Batam.

"Kita ingin izin IMB dicabut dan kita bisa mengembalikan kolam retensi kembali seperti semula,"ungkapnya.

Read 339 times

Tentang Kami