Live Streaming
24 August 2018

sumber : tribunnews.com

Tensi hubungan dagang Amerika Serikat (AS) dengan China memanas lagi. AS mulai menerapkan kebijakan tarif impor sebesar 25% atas produk dari China senilai US$ 16 miliar.

Seperti dikutip Reuters, Kantor Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS telah mengonfirmasi di website mereka bahwa mulai pukul 12.01, Kamis (23/8) waktu AS, mulai mengenakan tarif impor sebesar 25% pada 279 kategori produk dari China senilai US$ 16 miliar.

Kategori produk tersebut termasuk semikonduktor, plastik, bahan kimia dan peralatan kereta api.

China tak mau kalah dan juga mulai efektif mengenakan tarif impor yang sepadan senilai US$ 16 miliar atas barang dari AS.

Pemberlakukan tarif impor ini terjadi di tengah upaya pembicaraan baru soal perdagangan kedua negara di Washington yang berlangsung dua hari mulai 22-23 Agustus 2018.

Pertemuan tersebut dilakukan pejabat tingkat menengah dari kedua belah pihak dan merupakan negosiasi formal pertama sejak Menteri Perdagangan AS bertemu dengan penasihat ekonomi Cina Liu He di Beijing pada Juni 2018 silam.

Kementerian Perdagangan China mengatakan, AS tetap keras kepala dengan menerapkan tarif terbaru.

"China dengan tegas menentang ini, dan akan terus mengambil tindakan yang diperlukan," demikian pernyataan Kementerian Perdagangan China seperti dilansir Reuters.

perang dagang China vs Amerika Serikat

China juga akan mengajukan komplain atas penerapan tarif impor terbaru AS ini ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Presiden AS Donald Trump telah mengancam akan mengenakan tarif impor atas barang-barang dari China hingga senilai lebih dari US$ 500 miliar.

Kecuali China setuju untuk melakukan perubahan kebijakan soal perlindungan hak atas kekayaan intelektual, program subsidi industri dan struktur tarif, serta membeli lebih banyak barang AS.

Ancaman Trump ini meningkatkan kekhawatiran bahwa China akan mempertimbangkan langkah-langkah pembalasan lain, seperti mempersulit bisnis perusahaan-perusahaan AS di China, atau membiarkan mata uang yuan melemah lebih jauh untuk mendukung eksportir China.

Para pejabat pemerintah Trump mengakui sulitnya menekan China. Namun Gedung Putih yakin bahwa mereka bakal memenangkan perang perdagangan karena ekonomi Tiongkok melambat dan pasar sahamnya jatuh.

“Mereka tidak akan menyerah begitu saja. Tentu saja mereka akan membalas sedikit,” kata Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross.

Pada akhirnya, kata Ross, AS memiliki lebih banyak peluru daripada China. "Mereka tahu itu. Kami memiliki ekonomi yang jauh lebih kuat daripada yang mereka miliki, mereka juga tahu itu,” imbuh Ross.

Para ekonom memperkirakan, setiap US$ 100 miliar impor yang terkena tarif akan mengurangi perdagangan global sekitar 0,5%.

24 August 2018

sumber : tribunnews.com

Pengusaha Yasuhara Inoue mengatakan, harga 1 unit masjid berjalan buatannya yang berbentuk truk itu dibanderol 100 juta yen atau sekitar Rp 14 miliar.

Sebab, masjid berjalan ini diklaim dibuat dengan teknologi canggih dan mutakhir asli dari Jepang. "Memang mahal karena semua buatan Jepang, teknologi dan paten Jepang," ujar Yasu, di Hotel Rota, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (23/8/2018).

Meski begitu, harga tersebut bisa lebih rendah jika dibuat sesuai dengan alat-alat yang lebih murah.

Ia mengumpamakan, jika mobil ini diproduksi di Indonesia dan memakai alat yang lebih murah, maka kemungkinan harga mobil tersebut dapat turun. "Kalau bisa buat di Indonesia pakai teknologi alat dan ukuran (mobil) lebih kecil, akan lebih murah," tutur Yasu.

Adapun kesulitan menurutnya, selama membuat masjid berjalan tersebut adalah teknologi yang digunakan untuk mengubah dari truk biasa menjadi berbentuk masjid dengan lebar 48 meter persegi.

masjid berjalan

"Kesulitan membuat adalah teknologi sangat sulit. Termasuk memperlebar dalam bentuk masjid. Jadinya seperti di (perubahan) di film transformer," kata dia.

Jika mobil ini ingin diproduksi di Indonesia, ia memberikan syarat agar para pembuat dan pekerjanya harus belajar teknologi ke Jepang untuk memahamai.

"Misal dibuat di Indonesia bukan masalah teknologi, tapi software, SDM-nya harus ke Jepang karena memang sulit, harus belajar di sana," imbuh dia.

Mobil tersebut saat ini masih menggunakan bahan bakar bensin. Namun, Yasu sedang mengupayakan agar sesegera mungkin bisa memakai energi listrik. Mobil spesial ini dirancang khusus menyambut olimpiade Tokyo, Jepang tahun 2020.

03 August 2018

sumber : bbc.com

 

Amerika Serikat memberlakukan sanksi kepada Menteri Kehakiman Turki Abdulhamit Gul dan Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu setelah tuntutan untuk membebaskan pendeta AS, Andrew Brunson, tidak dipenuhi.

Pemberlakuan sanksi ini menunjukkan ketegangan baru antara kedua negara setelah sebelumnya Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, menuduh pemerintah Amerika memperlihatkan "sifat penginjil, Zionis".

Pendeta evangelis dari North Carolina tersebut telah ditahan di Turki selama hampir dua tahun atas dugaan terlibat dengan kelompok-kelompok politik.

"Kami meyakini ia adalah korban dari penahanan yang tidak adil dan tidak berdasar," kata juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders.

"Kami tidak melihat bukti bahwa Pendeta Brunson telah melakukan kesalahan," tambah Sanders.

Dikatakannya menteri dalam negeri dan menteri kehakiman Turki memainkan "peran penting" dalam penangkapan Brunson.

Namun Turki menegaskan tuntutan AS untuk membebaskan Brunson "tidak dapat diterima" seraya menambahkan negara itu akan memberikan tanggapan terhadap sikap "bermusuhan".

"Kami menyerukan kepada pemerintah Amerika Serikat untuk membatalkan keputusan yang keliru ini," Kementerian Luar Negeri Turki dalam pernyataan.

"Tanpa ditunda-tunda lagi, akan ada respons terhadap sikap agresif ini yang tidak akan menghasilkan apa-apa." Demikian keterangan Kementerian Luar Negeri.

Abdulhamit Gul

 

Mengapa dua menteri Turki menjadi sasaran?

Juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders menjelaskan dampak dari pemberlakuan sanksi kepada Menteri Kehakiman Abdulhamit Gul dan Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu.

"Sebagai akibatnya, semua properti atau kepentingan atas nama kedua menteri yang berada di wilayah yurisdiksi AS sekarang diblokir dan secara umum warga AS dilarang melakukan transaksi dengan mereka," katanya.

Ditambahkannya bahwa Presiden Trump telah membicarakan masalah itu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, "banyak kali".

Departemen Keuangan Amerika Serikat kemudian mengatakan bahwa Menteri Kehakiman Abdulhamit Gul dan Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu menjadi sasaran karena mereka "menjabat sebagai pemimpin organisasi-organisasi pemerintah Turki yang bertanggung jawab atas pelanggaran serius hak asasi manusia".

 

Siapakah Brunson?

Brunson sudah lama bermukim di Turki. Ia tinggal bersama istri dan tiga anak-anak mereka di sana, sambil bertugas sebagai pendeta di Izmir Resurrection Church. Gereja kecil itu mempunyai jemaat sekitar belasan orang.

Andrew Brunson

Menurut pihak berwenang Brunson mempunyai jaringan dengan Partai Pekerja Kurdi (PKK) yang sudah dilarang dan gerakan pendukung Fethullah Gulen, ulama Turki yang tinggal di AS dan dituduh berada di balik kudeta yang gagal tahun 2016.

Brunson menolak dakwaan mata-mata yang diarahkan kepadanya, tetapi terancam hukuman penjara selama 35 tahun jika terbukti bersalah.

Bulan lalu ia dipindahkan dari penjara menjadi tahanan rumah karena alasan kesehatan, tetapi menurut Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo langkah itu tidak cukup.

"Kami tidak melihat ada bukti yang dapat dipercaya dalam kasus Brunson," jelas Pompeo ketika itu.

Kementerian Luar Negeri Turki menyatakan telah memberikan "informasi yang diperlukan" dengan Amerika Serikat, tetapi menegaskan bahwa kasus ini seharusnya ditangani oleh sistem peradilannya.

03 August 2018

sumber : tempo.co

 

Turki mengutuk keras keputusan Amerika Serikat menerapkan sanksi terhadap dua pejabat seniornya untuk merespons penahanan terhadap seorang pastor Amerika yang dituding melakukan mata-mata di Ankara.

"Pastor ini dituding juga melakukan teror oleh Turki," Al Jazeera melaporkan, Kamis 2 Juli 2018.

Kantor Kementerian Luar Negeri Turki dalam keterangannya kepada media mengatakan, keputusan Washington memberikan sanksi kepada Menteri Kehakiman Abdulhamit Gul dan Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu sebuah kesalahan.

Gedung Putih memblokir aset dan properti milik Gul dan Soylu setelah keduanya dituding terlibat dalam penangkapan dan penahanan pastor asal Amerika Serikat, Andrew Brunson.

Ankara berdalih Brunson memiliki jaringan dengan ulama Fethullah Gulen yang kini hidup di pengasingan Amerika Serikat. Gulen dituduh oleh Ankara berada di balik kudeta pada Juli 2016 dan berhubungan dengan Partai Pekerja Kurdi, PKK.

Menteri Luar Negeri Turki mengatakan melalui surat pernyataan, Kamis 2 Juli 2018, "Keputusan yang disampaikan dengan tidak hormat itu mengintervensi sistem peradilan kami. Hal tersebut akan merusak upaya konstruktif yang dibuat untuk memecahkan masalah antarkedua negara."

Tanggapan keras juga datang dari Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu. Dia menulis di akun Twitter, "Sanksi yang diterapkan Amerika Serikat terhadap dua menteri kami tidak akan terjawab."

Gul mengatakan kepada koran Turki, Daily Sabah, dia tidak memiliki properti atau uang di luar Turki, sehingga pemblokiran yang dilakukan oleh Kementerian Keuangan Amerika Serikat di bawah sistem hukum negeri itu tidak memiliki dampak kepada dia.

02 October 2017

Tanggal 2 Oktober yang ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional berawal dari penetapan batik oleh UNESCO, sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). Pemilihan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober berdasarkan keputusan UNESCO yaitu Badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan, yang secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. UNESCO memasukkan batik dalam Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia. Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia, seperti dilansir dari Wikipedia. Setelah penetapan itu, maka Indonesia memperingatinya sebagai Hari Batik Nasional. Ini juga dikuatkan dengan Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009. Di dunia luar, batik pertama kali diperkenalkan oleh Presiden Suharto, saat mengikuti konferensi PBB. Meskipun demikian, diakuinya batik sebagai warisan budaya Indonesia oleh dunia, tidak serta merta diperoleh. Batik sempat hampir ditinggalkan oleh masyarakat, termasuk generasi muda. Hingga akhirnya, batik hampir saja diklaim oleh Malaysia. Saat itulah seolah masyarakat menjadi tersadar, bahwa batik adalah warisan leluhur yang harus dilestarikan. Menghadapi persoalan itu, Pemerintah Indonesia tak tinggal diam. Tahun 2008, pemerintah mendaftarkan batik ke dalam jajaran daftar Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi UNESCO. Setelah diterima secara resmi pada 9 Januari 2009, beberapa bulan kemudian, tepatnya pada 2 Oktober 2009, UNESCO mengukuhkan batik Indonesia dalam daftar Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi, di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Batik berhasil diakui dunia internasional sebagai warisan budaya asli Indonesia, di bawah pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Saat ini, batik telah menjadi bagian sehari-hari kehidupan masyarakat Indonesia. Modelnya juga sudah beragam dan mengikuti tren fashion kekinian. Jika dulu warna batik hanya identik dengan coklat dan hitam, maka kini berbagai kombinasi warna-warna lain seperti ungu, merah, hijau hingga kuning, sudah dapat dengan mudah ditemui. Jenis batik pun beragam dan berbeda-beda di hampir tiap provinsi di Indonesia. Mereka mempunyai motif, kreatif, yang menjadi ciri khas dari batik itu sendiri. Buat kamu jangan lupa ya hari ini buat pakai batik untuk beraktivitas.... Selamat Hari Batik Nasional

20 September 2017

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme ( BNPT) Komjen Suhardi Alius mengakui bahwa konflik yang terjadi antara Pemerintah Myanmar dengan etnis Rohingnya di Rakhine State, Myanmar, bisa menjadi daya tarik kelompok terorisme. Hal itu dikatakan Suhardi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (19/9/2017). "Rohingnya bisa jadi magnet untuk para anggota kelompok terorisme datang ke sana," kata Suhardi. Bahkan kata dia, dikhawatirkan dampaknya bisa sampai ke Indonesia, jika benar kelompok terorisme tersebut ikut terlibat dalam pusaran konflik Myanmar-Rohingnya. "Diharapkan itu tidak terjadi. Karena, penanganan dan solusi untuk menyelesaikan konflik yang dilakukan Pemerintah Indonesia sangat bagus sekali," kata dia. Suhardi mengatakan, BNPT juga terus memantau para simpatisan ISIS asal Indonesia yang saat ini masih berada di Suriah dan ingin kembali ke Tanah Air. "WNI yang pulang dari Suriah akan terus kami koordinasikan. ada atase policy di sana, atase pertahanan, bahkan kami mengusulkan atase BNPT ada di sana," kata Suhardi. Upaya itu dilakukan untuk mengantisipasi para simpatisan ISIS kembali ke Tanah Air karena terus terdesaknya kelompok ISIS di negara asalnya. "Dengan itu kita akan mendapatkan kontak di sana lebih awal. Sehingga apakah returnis, apakah itu deportan dan sebagainya bisa kita bisa antisipasi ketika sudah sampai Indonesia," ujar Suhardi masih berada di Suriah dan ingin kembali ke Tanah Air.

22 June 2017

Masjid Al-Nuri yang menjadi ikon Kota Mosul, Irak, telah diledakkan oleh kelompok ISIS, menurut laporan kantor berita mengutip militer Irak.

08 June 2017

Tahukah Anda, Burj Khalifa ternyata memiliki tiga zona waktu puasa yang berbeda-beda?

24 March 2017

Bali baru saja dianugerahi sebagai The Worlds Best Destination pilihan traveler dari seluruh dunia. Pulau Dewata yang punya sederet pantai menawan ini berhasil mengalahkan kota-kota destinasi wisata dunia, seperti London, Prancis, Roma, bahkan Crete dan New York.

24 March 2017

Ribuan netizen Indonesia turun tangan memberikan donasi online bagi korban kelaparan di Somalia. Hingga Kamis (23/3), 2358 orang donatur telah mengumpulkan dana Rp. 617.842.154 untuk kampanye yang dapat diakses melalui laman kitabisa.com/somalia.

Tentang Kami