Live Streaming
Page 1 of 4

DEPOK - Sebanyak 50 Mahasiswa dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta dari sejumlah daerah mengikuti pelatihan dasar jurnalistik yang dikemas "Kelas Menulis dan Komunikasi: Mempersiapkan Kompetensi Dasar Kerja bagi Pemuda di Era Digital", di Sekolah Tinggi Agama Islam Madinatul Ilmi (STAIMI) Depok. 

Pelatihan yang diinisiasi oleh Visi Indonesia dengan menggandeng Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ini berlangsung selama 3 hari, Jumat-Minggu (26-28/7/2019). Salah satu pemateri dalam pelatihan tersebut adalah Wartawan Senior SINDOnews.com Mohammad Purwadi.

Purwadi dalam paparannya mengatakan, di era digital, dengan revolusi Internet dan media sosial, kemampuan jurnalistik sangat dibutuhkan bagi generasi milenial. Kemampuan menulis nantinya bisa digunakan untuk menulis berita, menyampaikan opini, membuat makalah, menulis laporan penelitian, laporan program, atau berbagi kisah inspiratif secara lebih efektif.

"Kemampuan menulis sangat dibutuhkan bagi generasi milenial, khususnya untuk mempersiapkan kompetensi dasar bagi pemuda di era digital. Saat ini, dunia kerja sangat membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan jurnalistik dan komunikasi yang baik," kata Purwadi disela-sela pelatihan, Jumat, 26 Juli 2019.

Generasi saat ini khususnya para milenial punya akses yang lebih untuk mendapatkan beragam informasi. Beragam platform sudah tersedia secara bebas, baik itu cetak ataupun online. Sehingga, ia berharap dengan adanya edukasi dan keterampilan yang baik, para milenial mempunyai kesempatan untuk lebih produktif dalam membuat konten.

"Milenial di era digital ini harus memiliki kemampuan jurnalistik. Dengan pelatihan ini, mereka diharapkan bisa membuat dan menyalurkan berbagai konten sehingga menjadi generasi yang produktif dan memberikan banyak warna yang sangat baik dalam dunia informasi," kata Irfan. Founder Visi Indonesia sekaligus CEO MataAir Group Muhammad Abdul Idris mengatakan, literasi digital kini menjadi sebuah hal penting dalam membangun sumber daya manusia berkualitas di Indonesia. Kemampuan dalam mengolah informasi dan menyampaikannya melalui teknologi digital menjadi syarat penting kesiapan kerja maupun berusaha. 

"Mempersiapkan kompetensi dasar kerja disektor digital menjadi penting dan wajib. Pelatihan yang membekali keahlian menulis dan berkomunikasi kali ini bentuk komitmen kami untuk terus mendampingi anak muda, khususnya pesantren," kata Muhammad Abdul Idris. Kegiatan yang dirumuskan oleh MataAir Group melalui Lembaga Visi Indonesia dan STAIMI harapannya dapat menciptakan SDA yang tidak hanya siap kerja dan berusaha, tapi juga mampu ber-tabayun digital. 

“Semoga lembaga ataupun organisasi yang lain bisa melakukan hal yang sama. Kolabrasi ini akan mampu meningkatkan digital literasi atau saya menyebutnya tabayun digital yang merupakan tantangan besar SDM kita,” harap Idris.  Kepala Bidang (Kabid) Organisasi Kepemudaan Kemenpora Abdullah Mas'ud, M.Si mengaku sangat mendukung program positif 'Kelas Menulis dan Komunikasi' bagi milenial yang dilaksanakan Visi Indonesia. 

"Moral yang baik saja tidak cukup, harus selaras dengan kinerja yang bagus. Begitu juga sebaliknya. Kegiatan yang dilaksanakan Visi Indonesia adalah hal yang wajib kita dukung. Literasi digital harus dimanfaatkan untuk peningkatan kompetensi pemuda diberbagi keahlian, termasuk menulis dan komunikasi" kata Abdullah Mas'ud.

 
 

Liputan6.com, Jakarta - HP bersama dengan Intel dan Valve Corporation direncanakan bakal menggelar kompetisi esports terbesar di Indonesia, yakni OMEN Challenger Series 2019.

Kabar baik ini disampaikan pada saat peluncuran laptop gaming terbaru OMEN by HP, Kamis (25/7/2019). Diungkap, babak final kompetisi ini akan diadakan di Jakarta Convention Center, dari tanggal 1-3 November 2019 mendatang.

Sedangkan untuk gim utama yang bakal dipertandingkan dalam turnamen OMEN Challenger Series 2019 ini adalah Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO).

Lebih lanjut, apa yang menjadi alasan HP menggelar kompetisi esports ini di Jakarta?

"Salah satu alasan memilih Jakarta adalah karena melihat antusias gamer terhadap esports di sini (Jakarta) sangat tinggi," Edo Jonathan Chandra, Market Development Manager HP Indonesia, Kamis (25/7/2019), Jakarta.

Edo menambahkan, "Kompetisi ini terbuka untuk peserta dari 12 negara di Asia Pasifik. Mulai dari Australia, Cina, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, dan Selandia Baru."

Informasi, OMEN Challenger Series 2019 digelar secara online dengan jumlah maksimum yang mendaftar sebanyak 128 tim, namun hanya 6 tim yang bakal bisa lolos ke babak kualifikasi. Setelah itu, 6 tim yang lolos bakal ditambah 2 tim pro undangan bakal bertanding satu sama lain untuk mendapatkan 1 tiket ke babak final.

Di babak final ini, 11 negara yang sudah memiliki tim pemenang bakal ditambah 1 tim direct invitebakal bertarung untuk memperebutkan tropi juara OMEN Challenger Series 2019 dan uang hadiah dengan total sekitar Rp 700 juta.

 

 

Sumber : https://www.liputan6.com/tekno/read/4022038/hp-gelar-omen-challenger-series-2019-kompetisi-esports-total-hadiah-rp-700-juta?medium=Headline&campaign=Headline_click_1&utm_expid=.9Z4i5ypGQeGiS7w9arwTvQ.0&utm_referrer=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Ftekno

KOMPAS.com - Apple mengonfirmasi mengambil langkah strategis untuk mengakuisisi bisnis modem smartphone Intel. Nilai akuisisi bisnis ini adalah 1 miliar dollar AS (Rp 13 triliun). Dengan nilai tersebut, sebanyak 2.200 karyawan Intel akan hijrah ke Apple. Selain itu, Apple juga akan mengambil alih kekayaan intelektual dan perlengkapan dari Intel. Apple dan Intel mengumumkan akuisisi ini dan perosesnya diperkirakan akan rampung hingga akhir 2019. Sementara bisnis smartphone diserahkan ke Apple, CEO Intel, Bob Swan mengatakan perusahaannya akan fokus dalam pengembangan teknologi 5G. Intel tidak serta merta kehilangan bisnis modem. Mereka masih mengembangkan modem untuk PC, Internet of Things, mobil tanpa awak, dan lain-lain.

Upaya akuisisi bisnis modem ini disebut sebagai langkah serius Apple untuk mengembangkan 5G di iPhone, yang bisa dikatakan cukup terlambat. Sebab, saat ini sudah banyak vendor Android yang lebih dulu menelurkan smartphone 5G. Mereka mengadopsi modem 5G Qualcomm atau mengembangkan sendiri, seperti yang dilakukan Huawei dengan modem Balong. Desas-desus akuisisi ini sudah muncul sejak musim panas lalu, saat Intel ingin melepas bisnis yang minim profit, dalam hal ini diperkirakan adalah modem smartphone. Dengan mengembangkan model sendiri, Apple juga tidak perlu bergantung pada Qualcomm, perusahaan chipset yang pernah bersengketa dengan Apple selama beberapa tahun belakangan. Perdamaian antara Apple dan Qualcomm pun baru terjadi April 2019 lalu.

Menurut Gene Munster, salah seorang analis dan pengamat Apple, pengembangan modem Apple akan berlangsung hingga tiga tahun mendatang. SVP Hardware Technology Apple, Johny Srouji mengatakan, akuisisi ini akan menguntungkan Apple dalam percepatan produksi Mereka juga akan lebih leluasa mengintegrasikan modem dengan chipset iPhone untuk memperkaya fitur-fitur di iPhone. " Akuisisi ini membantu mempercepat pengembangan kami untuk produk di masa mendatang dan memungkinkan Apple lebih berbeda di masa yang akan datang," jelas Srouji, dilansir KompasTekno dari The Verge, Jumat (26/7/2019).

Mengembangkan modem sendiri Saat bersengketa dengan Qualcomm sejak 2017, Apple dikabarkan berusaha mengembangkan modemnya sendiri. Indikasi ini muncul dari informasi lowongan kerja. Desember lalu, Apple membuka lowongan untuk para teknisi yang berengalaman di bidang chip dan modem di Santa Clara dan San Diego. Apple baru-baru ini juga mengumumkan bahwa perusahaan berencana merekrut 1.200 pegawai baru untuk pabrik chipset di San Diego.


Sumber : https://tekno.kompas.com/read/2019/07/26/09222227/apple-umumkan-beli-bisnis-modem-intel-rp-13-triliun

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan di China pada pertengahan Mei lalu, Realme Indonesia akhirnya resmi memboyong ponsel kamera pop-up Realme X ke Tanah Air lewat acara yang digelar di Jakarta, Kamis (25/7/2019). Realme menjagokan sejumlah fitur di ponsel ini. Beberapa di antaranya adalah kamera selfie pop-up beresolusi 16 megapiksel serta pemindai sidik jari yang tertanam langsung di dalam layar. Karena tak terhalang notch, layar tersebut bisa tampil memenuhi bagian depan. "Realme X dibawa ke Indonesia dengan mengedepankan sisi desain, fotografi, dan performa," ujar Felix Christian, Product Manager Realme Indonesia, saat memperkenalkan ponsel itu di panggung acara peluncuran.

Dari segi desain, Realme X mengusung layar tanpa poni dengan panel AMOLED seluas 6,5 inci (resolusi FHD Plus dan aspect ratio 91,2 persen). Untuk sektor fotografi, Realme X dibekali dua kamera di bagian punggungnya. Masing-masing kamera memiliki sensor 48 megapiksel (bukaan lensa f/1.7) dan 5 megapiksel (bukaan lensa f/2.4) untuk penerapan efek bokeh, beserta satu modul LED flash.Soal aspek dapur pacu, ponsel ini ditenagai chip Snapdragon 710, RAM hingga 4 GB atau 6 GB, penyimpanan 64 GB atau 128 GB, serta baterai kapasitas 3.765 mAh dengan teknologi pengisian daya cepat Oppo, VOOC 3.0.

Sistem operasinya Android 9.0 Pie yang dilapis antarmuka ColorOS 6.0. Di Indonesia, Realme X dibanderol dengan harga Rp 3.499.000 juta untuk varian 4 GB/ 64 GB dan Rp 3.999.000 untuk varian 8 GB/128 GB. Realme X 8 GB/ 128 GB akan dijual lebih dulu lewat pre-order mulai 25 Juli 2019 di Shopee, dengan penjualan perdana di e-commerce yang sama pada 3 Agustus 2019. Realme X 4 GB/ 64 GB akan menyusul dijual di Shopee pada 5 Agustus 2019.

Selain itu, turut dipasarkan pula Realme X edisi khusus Spider-Man: Far From Home. Spesifikasinya serupa dengan Realme X reguler varian 8 GB / 64 GB, tapi datang dengan kotak penjualan khusus berisi sejumlah aksesori bertema Spiderman. Untuk Reame X edisi khusus Spiderman ini, penjualannya akan dimulai di Shopee pada 5 Agustus 2019. 

 

 

Sumber : https://tekno.kompas.com/read/2019/07/25/16170097/ponsel-kamera-pop-up-realme-x-meluncur-di-indonesia-ini-harganya

 

 

Jakarta, CNN Indonesia -- Akhir-akhir ini, banyak orang tua yang dibuat resah lantaran anak-anak mereka ingin menggunakan Jam Tangan Pintar Imoo. Pasalnya, Smartwatch ini tidak murah harganya berkisar Rp999ribu-3,2 juta rupiah. Namun, di pasaran banyak pilihan jam tangan pintar selain Imoo. Berikut beberapa pilihan jam tangan tersebut. 

1. Bipbip Watch V.02


5 Jam Tangan Pintar untuk Anak Serupa Imoo

Jam tangan pintar ini menyediakan fitur telepon ke orang tua. Anak yang akan melakukan panggilan telepon dapat dengan mudah menekan tombol selama tiga detik, dan langsung terhubung ke nomor orang tua mereka.
Orang tua atau pengawas dapat mengunduh aplikasi Bipbip yang tersedia baik iOS maupun Android. Dengan aplikasi tersebut, para orang tua dapat melacak lokasi terkini, aktivitas, serta pengontrolan zona aman bagi anak mereka.
Di Indonesia, Bipbip Watch V.02 dijual dengan kisaran harga Rp 1,2-1,5 juta. Tersedia juga harga yang lebih murah untuk versi yang lebih lawas.

2. Wonlex Q50

Wonlex Q50 merupakan jam tangan pintar yang juga cocok untuk digunakan anak bagi para orang tua yang ingin terus mengawasi aktivitas anak mereka. Jam tangan pintar ini dapat melakukan panggilan telepon dua arah maupun panggilan SOS. Selain itu, jam tangan ini memiliki fitur untuk melakukan panggilan suara. Selain fitur berkomunikasi, orang tua juga dapat melacak lokasi anak mereka. Para orang tua juga dapat memonitor suara anak mereka dan melihat jejak rekam aktivitas melalui aplikasi. Jam tangan pintar ini dijual dengan kisaran harga Rp 100-300 ribu

3. Xiaomi Xiaoxun Smartwatch S2

Jam tangan pintar keluaran Xiaomi ini memiliki berbagai fitur yang juga tidak kalah menarik. Seperti fitur panggilan telepon, panggilan darurat, juga pelacakan lokasi dan aktivitas anak bagi orang tua lewat aplikasi. Jam tangan ini dilengkapi dengan teknologi AI. Dan dengan dukungan AI, jam tangan pintar ini memiliki kemampuan untuk menyanyikan lagu sampai dapat pula dijadikan teman mengobrol. Selain GPS, jam ini dilengkapi dengan dukungan kartu SIM tipe nano dan port micro USB. Jam tangan pintar ini berkisar harga Rp 500-600 ribu

4. uWatch GPS Tracker

Jam tangan pintar uWatch memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dari jam tangan pintar lainnya. Fitur panggilan telepon, monitor suara, serta pelacakan lokasi terdapat di jam ini. Jam yang berbahan silicon rubber ini juga dilengkapi dengan fitur buku telepon, dan dijual dengan kisaran harga Rp 500 ribu sampai 1 juta

5. Imoo Watch

5 Jam Tangan Pintar untuk Anak Serupa ImooImoo Smartwatch (imoo)


Imoo mengeluarkan tiga varian jam tangan Y1, Z5, dan Z2. Untuk pilihan jam tangan yang lebih murah, pengguna bisa memilih Y1 yang dijual Rp999 ribu dan Z2 yang dilego Rp2,5 juta.  Pada varian yang paling tinggi, Imoo Z5, jam tangan bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon. Sebab, Imoo Watch Phone Z5 yang dilego Rp3,2 juta ini dilengkapi kamera lensa lebar 5 MP.  Sensor accelerometer pada jam tangan, membuat orang tua juga bisa mengetahui gerakan anak apakah anaknya sedang diam, berjalan, atau berlari.Waktu penggunaan smartwatch juga bisa dikendalikan. Orang tua bisa mengaktifkan mode dalam kelas, ketika anak sedang belajar. Sesama pengguna Imoo pun punya sarana komunikasi khusus. Imoo mengeluarkan Z2 sebagai penengah dari Imoo Z5 yang dianggap terlalu mahal karena dibanderol Rp3,2 juta dan Y1 yang tak memiliki fitur video call. (hrd/eks)

 

 

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190725112140-185-415351/5-jam-tangan-pintar-untuk-anak-lebih-murah-dari-imoo

Lima puluh tahun lalu, manusia pertama mendarat di bulan. Banyak insinyur dan ilmuwan telah memikirkan apa yang mungkin terjadi dalam 50 tahun ke depan dalam perjalanan antariksa. Itulah inti Program Innovative Advanced Concepts (NIAC) NASA.

Program ini menyediakan dana untuk menumbuhkan ide-ide yang dapat merevolusi misi antariksa pada masa depan. Satu ide yang didanai NASA adalah habitat antariksa yang memecahkan masalah yang terjadi pada perjalanan antariksa jangka panjang.

Dalam dunia fiksi ilmiah, pembuat film telah menciptakan visi yang berbeda tentang seperti apa bentuk pesawat antariksa dari Bumi. Dengan lebih mendasarkan pada teknik kedirgantaraan, ini adalah sebuah model tentang bagaimana bentuk pesawat ini, tidak semata-sama pesawat namun habitat yang dapat menopang kehidupan dalam waktu lama. Robert Skelton adalah profesor teknik kedirgantaraan pada Texas A&M University.

"Idenya adalah membuat fasilitas penelitian sehingga anda dapat memodifikasi berbagai hal pada saat bersamaan. Pada awalnya ini mungkin hanya tujuan wisata," paparnya. Namun tujuan utama dari habitat antariksa seperti ini, kata Skelton, adalah memecahkan masalah yang dihadapi astronot sejak manusia pertama pergi ke antariksa hampir 60 tahun lalu.

Habitat yang diusulkan Skelton tidak hanya berputar untuk menciptakan gravitasi, tetapi juga menyediakan perlindungan radiasi dan ketahanan pangan dan kemungkinan menumbuhkan sumber pangan. Habitat antariksa ini dirancang dengan konsep tensegrity. Kata tensegrity adalah kombinasi dari kata tekanan (atau tensi) dan integritas selayaknya ketika tubuh bergerak dengan otot dan tulang yang saling menguatkan. Skelton mengatakan habitat yang diusulkannya akan dimulai dari skala kecil dan sisanya akan dibangun di antariksa dengan menggunakan banyak bahan di luar Bumi.

"Kami ingin merancang robot yang dapat membangun struktur tensegrity di antariksa dengan menggunakan bahan dari antariksa, regolith dari bulan atau regolith dari asteroid," tambah Skelton.

Regolith adalah lapisan bahan seperti batu atau debu yang berada di atas lapisan bebatuan di asteroid atau bulan. Skelton menyatakan habitat ini awalnya bisa berada dalam orbit yang bergerak dari Bumi ke bulan seperti angka delapan, untuk "menambang" di bulan dan mendapatkan pasokan dari Bumi.

Setelah terbangun, Skelton membayangkan pohon, binatang, danau dan kolam dan area untuk menanam tanaman pangan. Pada skala penuh, akan ada ruang untuk 8.000 orang. Skelton mengatakan ruang tersebut seharusnya tidak semata-mata tersedia bagi astronot dengan kondisi fisik terbaik.

Skelton mengatakan kesimpulan dari proyek ini berakhir dengan laporan ke NASA. Dia mengatakan jika ada langkah lanjutan, itu adalah membangun struktur dan sampel untuk menguji bahan-bahan yang dapat digunakan di habitat antariksa ini. [pd/ka]

 

Sumber : https://www.voaindonesia.com/a/habitat-ruang-futuristis-pecahkan-masalah-perjalanan-luar-angkasa-manusia/5014645.html

KOMPAS.com - Rumor soal iPhone generasi berikutnya, atau kita sebut saja iPhone 11, sudah banyak beredar di dunia maya. Kabar terbaru, Apple disebut akan meluncurkan tiga model iPhone 11, seperti tahun lalu. Ketiga model ini akan ditenagai chipset Apple A13 yang diberi kode nama Cebu, model T8030.

Menurut sumber yang konon sudah melihat langsung ponsel ini, iPhone 11 akan tetap dilengkapi port lightning. Jika benar, spekulasi soal iPhone yang hijrah ke port USB C karena iPad pro sudah menggunakannya lebih dulu, akan terbantahkan. Model iPhone 11 dengan kode D42 (iPhone 12,3) kabarnya akan menggantikan iPhone XS 2018, model D43 (iPhone 12,5) akan menggantikan XS Max, dan terakhir model N104 (iPhone 12,1) akan menggantikan iPhone XR. Model D42 dan D43 akan sama-sama dilengkapi dengan fitur 3x OLED Retina Display. Sementara model N104 yang kemungkinan mengusung spesifikasi paling rendah di antara ketiganya, akan dibekali fitur 2x Liquid Retina Display seperti generasi iPhone yang beredar saat ini. Baca juga: 12 Tahun Lalu iPhone Dicemooh Saat Meluncur Pertama Kali Dirangkum KompasTekno dari 9to5Mac, Rabu (24/7/2019), resolusi ketiga iPhone 11 ini akan sama dengan pendahulunya.

iPhone 11 nantinya juga akan disematkan mesin baru bernama "Taptic Engine". Mesin ini diberi kode nama leap haptics. Belum diketahui pasti apa fungsinya, tapi dilihat dari kode namanya, kemungkinan mesin ini akan meningkatkan sensitivitas sentuhan atau "Haptic Touch" mengingat rumor yang beredar saat ini menyebut fitur 3D Touch akan dihilangkan. Fitur "Haptic Touch" mulai dihadirkan Apple di iOS 13 yang bisa digunakan di iPad dan iPod Touch. Fitur ini bisa menggantikan fungsi 3D Touch karena sama-sama membutuhkan gestur tekanan layar agak lama. Dengan menambahkan mesin khusus "Taptic Engine" dan dukungan khusus fitur "Haptic Touch" di iOS 13, diharapkan pengguna akan bisa mudah menyesuaikan operasional meski 3D Touch dihilangkan.

iPhone sudah sering dirumorkan akan menyematkan triple-camera seperti ponsel Android kebanyakan. Kabarnya, model D42 yang akan menggantikan iPhone XS akan mulai dilengkapi dengan modul tiga kamera di belakang. Susunannya akan persegi, seperti yang digunakan Huawei Mate 20. Hanya saja, susunan lensa dan LED flash-nya zig-zag bukan simetris. Salah satu kamera disebut akan berfungsi sebagai wide-angle yang dibekali fitur bernama Smart Frame. Fitur ini kabarnya akan memudahkan pengguna untuk melakukan framing dalam menangkap gambar atau perekaman video.

Di kamera depan, Apple akan melakukan sedikit perubahan. Kamera depan iPhone 11 akan mendukung fitur slow-motion atau gerak lamban pada 120fps. Tiga model iPhone 11 kabarnya akan meluncur bulan September, seperti jadwal peluncuran iPhone tahun-tahun sebelumnya.


Sumber : https://tekno.kompas.com/read/2019/07/24/16170007/rumor-tiga-versi-iphone-11-menyeruak

TEMPO.COJakarta - Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Experimental Biology mengungkap semut yang bersentuhan dengan jamur mematikan Ophiocordyceps unilateralis diambil otot rahangnya sampai mereka akhirnya mati. Jamur itu mengubah semut menjadi seperti zombie, yaitu menjadi mesin pemakan tanpa pikiran. Penulis utama studi ini, Colleen Mangold, mencatat bahwa jamur itu tidak menyerang otak semut secara langsung.

"Otot mandibula semut yang terinfeksi secara luas dijajah oleh jamur," katanya dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dikutip New York Post, 22 Juli 2019. Mangold, bersama dengan para peneliti lainnya menemukan bahwa otot-otot yang terinfeksi memperlihatkan bukti hiperkontraksi saat semut menempelkan rahang mereka erat-erat ke pembuluh darah daun atau ranting. "Terlepas dari kolonisasi yang luas, baik neuron motorik dan persimpangan neuromuskuler tampaknya dipertahankan," demikian bunyi abstrak penelitian tersebut.

“Infeksi mengakibatkan kerusakan sarkolemmal, tetapi ini tidak spesifik untuk cengkeraman yang mati. Kami menemukan bukti penetrasi otot yang tepat oleh struktur jamur dan adanya partikel seperti vesikel ekstraseluler, yang keduanya dapat berkontribusi pada hiperkontraksi mandibula. ”

Pada akhirnya, semut mati, karena dikonsumsi dari dalam oleh jamur. Yang memperburuk masalah, spora jamur mematikan turun ke bawah dari batang yang tumbuh dari semut mati dengan harapan menemukan inang baru. Jamur ini sebagian besar ditemukan pada semut yang hidup di daerah beriklim tropis seperti Brasil, Afrika dan Thailand. Penelitian Mangold menindaklanjuti penelitian pada 2017 tentang efek mematikan jamurOphiocordyceps unilateralis.

 

Sumber : https://tekno.tempo.co/read/1228055/jamur-mematikan-ciptakan-semut-zombie-sebelum-bunuh-diri/full&view=ok

KOMPAS.com - Spesifikasi Asus ROG Phone 2 baru saja dikuak Asus lewat blog resminya pada Selasa (23/7/2019). Tak butuh waktu lama, harga Asus ROG Phone 2 juga ikut diumumkan. Tapi untuk sementara, harga yang dicantumkan baru untuk pasar China. Ada dua model yang ditelurkan, yakni versi kustom Tencent dengan banderol harga lebih murah, dan versi reguler dengan memori lebih besar dan lebih mahal. Untuk versi kustom Tencent ROG Phone 2, harga yang dipatok adalah 3.500 yuan (Rp 7,1 juta). Model ini memiliki RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB. Sementara model satunya dibekali RAM ekstra jumbo, yakni 12 GB dan penyimpanan internal 512 GB. Asus ROG Phone 2 dengan versi itu dijual dengan harga 6.000 yuan (Rp 12,2 juta). Harga kedua model terbilang cukup jauh selisihnya.

Belum diketahui, apakah ada perbedaan spesifikasi selain besaran RAM dan memori internal antara keduanya. Dilansir KompasTekno dari GSM Arena, Rabu (24/7/2019), ROG Phone 2 sudah mulai bisa dipesan di China dan mulai dikirim pada 31 Juli mendatang. Dalam situs resmi Weibo, Asus juga memperkenalkan dua varian ROG Phone tambahan, yakni versi Zhizun dengan harga 8.000 yuan (Rp 16 juta) dan ROG Phone 2 edisi Esport Armour dengan harga 13.000 yuan (Rp 26 juta). Di sektor hardware misalnya, ROG Phone 2 ditenagai chipset teranyar sekaligus tertangguh Qualcomm, yakni Snapdragon 855 Plus. Chipset ini dibekali delapan inti CPU Kryo 485 dengan kecepakan clock maksimal 2,96 GHz. Bagian layarnya kini memiliki refresh rate 120 Hz. Layar berbentang 6,6 inci tersebut juga telah ditanami sensor pemindai sidik jari dalam layar (in display fingerprint). Resolusi layar berpanel OLED ini 2340 x 1080. Di bagian punggung, tersemat kamera ganda dengan resolusi 48 megapiksel (f/1.8) dan 13 megapiksel (f/2.4) wide angle. Sementara di bagian depan terpatri satu kamera beresolusi 24 megapiksel (f/2.2). Ponsel gaming ini dijalankan dengan sistem operasi Android 9 Pie yang dilapisi antarmuka ROG Gaming UI eksklusif. Untuk daya, ROG Phone 2 dibekali baterai jumbo berkapasitas 6.000 mAh yang turut didukung fitur fast charging.

Sebagai penunjang pengalaman gaming, ponsel ini juga dilengkapi dengan dual stereo speaker dan satu port USB 3.1 untuk menghubungkan aksesoris seperti TwinView Dock atau gamepad. Asus belum mengumumkan ketersediaan ROG Phone 2 ini di luar China. Rumor yang beredar, peluncuran global akan dilakukan pada bulan September mendatang. Kabarnya, ROG Phone 2 akan masuk ke Indonesia.

 

Sumber : https://tekno.kompas.com/read/2019/07/24/09170057/terungkap-harga-asus-rog-phone-2-mulai-rp-7-jutaan

Jakarta, CNN Indonesia -- Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menjelaskan investasi otomotif baru dari Toyota yang sempat dikatakan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto sebesar Rp28,3 triliun berasal dari Toyota Group. Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN Bob Azam menekankan hal tersebut setelah sebelumnya beredar kabar investasi itu hanya berasal dari prinsipal merek Toyota. Airlangga mengatakan pada Juni lalu Toyota bakal mengucurkan Rp28,3 triliun untuk mendorong pengembangan teknologi listrik dan memproduksi mobil hybrid di Indonesia. Pernyataan itu diungkap setelah Airlangga bertemu dengan Presiden Direktur Toyota Motor Corporation di sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Negara-Negara Group 20 (G-20) di Osaka, Jepang, pada Kamis (27/6).

Informasi dari Airlangga itu sempat dikoreksi Toyota Astra Motor (TAM), distributor mobil Toyota di dalam negeri. Pihak TAM bilang investasi itu berasal dari enam merek otomotif asal Jepang, termasuk Toyota. Meski begitu, lima merek otomotif lainnya belum dijelaskan."Iya jadi itu Toyota, Toyota Group," kata Bob saat ditemui di kawasan BSD, Tangerang, Senin (22/7). Bob mengungkap investasi itu akan digunakan untuk meningkatkan kemampuan pabrik TMMIN di Sunter dan Karawang. Penjelasan soal ini juga belum diberikan pihak TMMIN. "Kami kan udah punya lokasi," kata Bob.

Alasan Memilih Indonesia

Bob mengungkap beberapa alasan mengapa Indonesia dipilih prinsipal menjadi lokasi investasi. Menurut dia alasan pertama Toyota melihat sesuatu yang menjanjikan di Tanah Air. "Karena Indonesia punya potensi, pasar besar. Terus keinginan pemerintah untuk mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar tinggi," ucap dia. Kata Bob isu lingkungan di Indonesia yang nampaknya sangat membutuhkan kendaraan ramah lingkungan juga menjadi alasan Toyota. "Terus juga isu lingkungan. Jadi kelihatan memang urgensi pengembangan elektrifikasi di Indonesia cukup tinggi. Itu yang memberi keinginan Toyota," ungkapnya. Di satu sisi lainnya, yaitu lobi yang dilakukan pemerintah melalui menteri-menteri Presiden Joko Widodo kepada prinsipal Toyota. Seperti diketahui Airlangga menjadi salah satu menteri yang berkunjung ke Jepang dan bertemu dengan Akio Toyoda.

Dari pertemuan itu kemudian Airlangga mendapat angka investasi untuk Indonesia dari Toyota.  "Karena itu seperti bertepuk tangan. Seperti dua belah pihak. Pemerintah welcome, dan kami (Toyota) juga melihat ada potensinya. Ya mudah-mudahan jodoh," ucap Bob. Buat Heboh Negara Lain Nilai investasi yang begitu besar atau hampir mendekati Rp30 triliun tersebut dijelaskan Bob memicu kehebohan di negara lain. 

"Ada investasi suatu negara heboh. Seperti kita juga dengar ada investasi di Vietnam pas Samsung, heboh juga. Karena juga mereka saling memperebutkan investasi. Bisa dorong pertumbuhan ekonomi ya investasi. Indonesia gitu juga," kata Bob. (ryh/fea)

 

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190723145900-384-414725/investasi-rp28-t-dari-toyota-buat-indonesia-bikin-heboh

Page 1 of 4

Tentang Kami