Live Streaming
Friday, 13 April 2018 16:43

Wapres berpendapat Reformasi birokrasi Indonesia dianggap kurang berhasil  

Sumber:economy.okezone.com

Wakil Presiden periode 2009-2019, Boediono mengatakan untuk membangun bangsa dibutuhkan birokrasi bersih dan efektif, selain arah dan intensitas pemanfaatan yang benar. Dia mengatakan, Singapura bisa menjadi negara maju karena keberhasilan reformasi birokrasinya. Sejak 1959, Perdana Menteri Singapura fokus mengubah birokrasi korupsi menjadi bersih dan efektif.

Karenanya, guna meningkatkan kualitas birokrasi, pemerintah Indonesia harus fokus pada besarnya jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN). Oleh karena itu, sebaiknya dituntaskan atau ditata beberapa Kementerian/Lembaga lebih dulu, supaya kualitas ASN meningkat. Sebenarnya, kata Boediono, pada 2010 pemerintah sudah buat roadmap reformasi birokrasi. Di mana semua K/L diberi kesempatan ikut proses reformasi.

Pada putaran pertama dilakukan penilaian pada 4 K/L yakni Kemenkeu BPK, MA dan Setneg. Selanjutnya proses bergulir untuk sektor lain yang akhirnya dinilai 36 K/L. Hasilnya, diperlukan berbagai perbaikan misalnya sistem penilaian dengan reward perlu dipertajam, komitmen K/L an kapasitas masing-masing instansi bervariasi.

 

 

Read 240 times

Tentang Kami